Apa Saja Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya

Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya

Masterpendidikan.com – Apa Saja Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya. Pernah kah kamu melihat sebuah teks yang menjelaskan sebuah proses atau teks cara melakukan sesuatu? Hal itu merupakan sebuah teks prosedur, teks prosedur merupakan sebuah tulisan yang berisikan penjelasan mengenai langkah-langkah atau tata cara melakukan sesuatu sesuai dengan urutannya, hingga penjelasan tersebut dan pembaca mengetahui hasil akhir dari tulisan tersebut.

Apa Saja Ciri Teks Prosedur?

Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya
Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya

Penggunaan teks jenis ini biasanya sering orang gunakan dalam penulisan sebuah artikel dengan judul langkah-langkah, atau cara, atau sebuah artikel tutorial, atau pun tips-tips. Selain itu, tulisan jenis ini juga banyak di gunakan para penulis pada banyak media. Misalnya, artikel online, artikel majalah, isi dari sebuah buku, famplet, hingga spanduk.

Tulisan dengan ciri seperti ini bertujuan untuk membuat para pembaca dengan mudah mengerti cara atau langkah-langkah yang sudah ada penjelasanya dalam artikel tersebut. Sesuai dengan prosedurnya.

Struktur Dari Teks Prosedur

Sebuah artikel yang benar memiliki struktur yang baik. Dengan struktur yang baik akan memudahkan para pembaca dalam memahami arti dari tulisan tersebut hingga akhir.

Memiliki Judul Yang Jelas

Judul merupakan kalimat pertama yang akan di lihat oleh calon pembaca tulisan. Untuk itum judul harus dapat memberikan gambaran yang jelas  terhadap sebuah tulisan. Jadi para pembaca tidak akan menjadi membeli kucing dalam karung.

Awalan Pengantar

Biasanya pada awalan sebuah teks tidak langsung menjelas point inti dari sebuah tulisan. Akan ada sebuah kata pengantar, yang memberi tahu point-point yang akan di jelaskan dalam tulisan tersebut.  Hal itu, akan membuat pembaca semakin yakin dengan teks tersebut.

BACA JUGA :   Pengertian dan Unsur - Unsur 5W1H

Penjelasan Mengenai Peralatan

Biasanya dalam sebuah teks prosedural pada awalan penulis akan menjelaskan alat-alat dan bahan yang akan di gunakan dalam artikel tersebut. Jadi pembaca akan mengetahui apakah mereka sudah memiliki peralatannya atau belum sebelum mulai membaca lebih jauh.

Isi dan Tahapan Tulisan

Dan yang terakhir baru masuk ke inti dari tulisan, yaitu prosedur dari langkah-langkah atau cara yang akan kamu buat. Pada tulisan ini kamu akan membuat sebuah step-step prosedur dari hal yang akan kamu jelaskan hingga selesai.

Demikianlah artikel yang berisikan informasi mengenai Apa Saja Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya, semoga dapat membantu kamu yang membutuhkan.

You May Also Like

About the Author: yudha