Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya

Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya

Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya – Analisi SWOT merupakan bentuk dari analisi dalam manajemen perushaan atau pada suatu organisasi yang secara sistematis dapat membantu usaha dalam menyusun suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu dalam tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya

Adapun definisi lain dari analisi SWOT adalah suatu bentuk dari analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisia ini juga menempatkan situasi & kondisi sebagai faktor masukan, dan kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Dan satu hal yang perlu diingat dengan baik oleh para pengguna analisa ini, analisa SWOT ini sendiri semata-mata sebagai suatu analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa yang ajaib mampu memberikan jalan keluar bagi permasalahan yang sedang di hadapi.

Bicara Analisa SWOT, SWOT sendiri merupakan singkatan dari:

  • S = Strength (Kekuatan).
  • W = Weaknesses (Kelemahan).
  • O = Opportunities (Peluang).
  • T = Threats (Hambatan).

Dan berikut ini merupakan penjelasan mengenai empat komponen analisa SWOT, yaitu:

a. Strenght (S) ialah analisis kekuatan, situasi atau kondisi, yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Dan yang perlu dilakukan dalam analisis ini ialah pada setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan & kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Contoh Kasus, Misal jika kekuatan perusahaan tersebut lebih unggul didalam teknologinya, maka keunggulan tersebut dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang sangat membutuhkan tingkat teknologi & juga kualitas yang lebih maju.

b. Weaknesses (W) ialah analisi kelemahan, situasi atau kondisi, yang merupakan kelemahan dari organisasi atau perusahaan pada saat ini. Dan merupakan cara dalam menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang menjadi kendala serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

BACA JUGA :   Definisi Dan Perbedaan Skripsi, Thesis, Dan Disertasi

c. Opportunity (O) ialah analisis peluang, situasi atau kondisi, yang merupakan peluang diluar organisasi atau perusahaan & memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan. Cara ini merupakan untuk mencari peluang ataupun terobosan yang bisa memungkinkan suatu perusahaan atau organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.

d. Threats (T) ialah analisis ancaman, yaitu dengan cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk dapat menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang bisa menyebabkan kemunduran. Dan jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Manfaat analisis SWOT

Metode analisi SWOT juga bisa dianggap sebagai metode yang paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan atau rekomendasi dalam mempertahankan kekuatan & untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan & juga menghindari ancaman. Dan jika digunakan dengan benar, analisa ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas, analisis SWOT sendiri merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini juga berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul & harus dihadapi.

Itulah sekilas tentang Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya, semoga bermanfaat.

BACA JUGA :   25 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

You May Also Like

About the Author: admin