5 Cara Tepat Merawat Rem Mobil Menurut Otoklix

MasterPendidikan.com – Rem mobil menjadi komponen mobil yang penting untuk diperhatikan. Rem adalah fitur keselamatan penting untuk memperlambat dan menghentikan kendaraan. Jika rem tidak dalam kondisi kerja yang baik, itu bisa berbahaya dan bahkan berpotensi fatal. 

Penting untuk memeriksakan rem mobil secara teratur dan menggantinya bila perlu. Selain itu, selalu perhatikan tanda-tanda peringatan bahwa rem mobil mungkin sudah aus atau mengalami kendala lain. 

Dengan memeriksa dan merawat rem mobil secara teratur, dapat membantu memastikan keselamatan diri saat diperjalanan. Berikut cara tepat merawat rem mobil menurut Otoklix.

Cara Merawat Rem Mobil Yang Tepat

Pada sistem pengereman mobil terdiri dari banyak komponen rem seperti piringan cakram, kampas rem, piston rem, selang minyak rem, kaliper, booster dan lainnya. Disarankan lakukan pengecekan rutin oleh mekanik profesional agar bisa dicek secara menyeluruh dan akurat. Nah, berikut cara merawat rem mobil yang tepat.

Rutin Mengganti Minyak Rem

Minyak rem berfungsi untuk melumasi komponen cakram dan kampas untuk meredakan panas akibat gesekan antara cakram dan kampas rem. Minyak rem bekerja menyalurkan tenaga gerak dari pedal rem ke kaliper hingga kampas rem dapat menekan piringan cakram dan menghentikan laju mobil. Sehingga disarankan untuk memperhatikan kualitas minyak rem dan menggantinya secara berkala. 

Perlu diingat, standar ideal mengganti minyak rem adalah setiap 20.000 km dan mengurasnya setiap 40.000 km. Hal ini membuat kinerja minyak rem berfungsi secara optimal pada mobil. 

BACA JUGA :   Apa Itu Black Box? dan Bagaimana Cara Kerja Black Box?

Sebagai catatan penting, selalu gunakan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi mobil yang sobat OtoFriends pakai ya agar tidak menimbulkan masalah pada sistem pengereman.

Periksa Kelayakan Kampas Rem

Kampas rem atau brake pad adalah komponen rem mobil yang bekerja untuk menekan piringan cakram, sehingga piringan cakram akan menghasilkan daya gesek untuk menekan laju putaran cakram. 

Komponen satu ini memiliki fungsi yang teramat penting pada sistem pengereman. Untuk itu disarankan OtoFriends rutin memeriksa kelayakan kampas rem mobil apabila sudah menipis atau kampas rem sudah habis. 

Perlu diingat saat mengganti kampas rem, pilihlah bahan yang memiliki ketahanan panas yang paling baik dan sesuai dengan spesifikasi mobil OtoFriends.

Periksa Kondisi Kaliper Rem Mobil

Kaliper rem mobil menjadi salah satu komponen vital rem cakram. Fungsi kaliper adalah menghimpit kampas rem pada piringan cakram sekaligus menopang kampas dan piston rem. Kaliper bekerja dengan bantuan tekanan hidrolik dari minyak rem yang masuk melalui selang rem. 

Perlu diketahui saat kaliper rem mengalami masalah, rem akan tersendat-sendat saat digunakan karena kaliper telah mengalami pergeseran. Jika sudah terjadi pergeseran atau oblak sangat disarankan untuk melakukan servis di bengkel ahli ya. 

Periksa Piringan Cakram atau Disc Brake

Komponen satu ini terletak di dekat poros roda mobil. Fungsi piringan cakram adalah untuk menerima tekanan dari cakram rem dan meneruskannya pada poros roda sampai putaran roda berhenti.

Untuk memeriksa piringan cakram rem mobil, pertama-tama pastikan bahwa roda telah dilepas dari mobil. Setelah itu, gunakan senter untuk melihat bagian dalam piringan cakram rem dan cari apakah terdapat tanda-tanda kerusakan, seperti retak atau keropos pada piringan cakram. Jika menemukan kerusakan pada piringan cakram rem, sebaiknya segera menggantinya agar mobil tetap aman untuk dikendarai.

BACA JUGA :   Unduh Game Free Fire Max 3.0 Apk 3volution

Berikut adalah tanda-tanda piringan cakram mengalami kerusakan

  1. Terdapat retak atau sobek pada permukaan piringan cakram rem
  2. Terdapat keropos pada permukaan piringan cakram rem
  3. Piringan cakram rem menjadi tidak rata atau membulat
  4. Terdapat bercak-bercak minyak atau rem pada permukaan piringan cakram rem
  5. Piringan cakram rem menjadi lebih tebal di salah satu bagiannya. 

Jika OtoFriends menemukan salah satu tanda tersebut pada piringan cakram rem mobil, sebaiknya segera membawanya ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki atau diganti jika diperlukan.

Perhatikan Sistem Pengereman

Perlu diketahui bahwa sistem pengereman pada mobil adalah sekumpulan komponen yang saling bekerja untuk mengontrol laju mobil. Komponen-komponen tersebut termasuk roda, piringan cakram rem, tromol, sabuk kopling, sistem hidrolik, dan pedal rem. 

Nah, saat pedal rem terinjak, sistem ini akan mengirimkan cairan rem ke piringan cakram rem atau tromol, sehingga roda akan tertahan dan kecepatan bisa berkurang atau menghentikan mobil. Sistem pengereman yang baik sangat penting untuk keselamatan berkendara.

Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sistem pengereman pada mobil mengalami masalah adalah:  

  1. Pedal rem menjadi keras atau lunak ketika ditekan
  2. Mobil tidak dapat dihentikan dengan normal meskipun pedal rem sudah ditekan dengan keras
  3. Terdengar suara berdecit saat mengerem
  4. Terdapat bercak-bercak minyak atau rem pada roda atau permukaan piringan cakram rem
  5. Mobil bergetar saat mengerem

Jika salah satu tanda tersebut terjadi pada mobil OtoFriends, sebaiknya segera membawanya ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki oleh bengkel profesional karena sistem pengereman yang tidak bekerja dengan baik dapat menyebabkan kecelakaan yang serius.

Sekarang OtoFriends bisa dengan mudah mendapatkan informasi bengkel terdekat, biaya servis dan pelayanan yang dibutuhkan di Otoklix.com lho.

BACA JUGA :   Link Ujian Tingkat Wibu terbaru 2020 !

Di Otoklix Plus Simprug Ganti Oli Shell Diskon Hingga 35%

Cara Merawat Rem Mobil Yang Tepat

Dalam pembukaan Bengkel Otoklix Plus Simprug, Otoklix juga memberikan banyak promo

menarik yang bisa pelanggan nikmati mulai 18-24 Desember 2022, seperti spooring dan servis

rem hanya 10 ribu, diskon 50% untuk poles velg atau windshield, diskon hingga 35% untuk

ganti oli Shell, dan cuci mobil hanya 19 ribu.

Dengan Otoklix, kini servis mobil jauh lebih mudah.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi