5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli – Model pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar agar dapat mencapai tujuan belajar. Juga dapat diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jadi, sebenarnya model pembelajaran ini sendiri memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi ataupun metode pembelajaran. Saat ini telah ada banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran, mulai dari yang sederhana sampai model yang agak kompleks serta rumit karena memerlukan banyak alat bantu dalam penerapannya.

5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli
5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Dan untuk lebih jelas lagi pengertian tentang model pembelajaran kami telah merangkum beberapa pendapat ahli tentang model pembelajaran ini, dan silahkan simak ulasannya berikut ini:

1. Model pembelajaran menurut Kardi dan Nur ada lima model yang dapat dipergunakan dalam mengelola pembelajaran, yakni antara lian: pembelajaran langsung, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berdasarkan masalah, diskusi, serta learning strategi.

2. Menurut Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, mereka mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran, yakni:

  1. Model interaksi sosial
  2. Model pengolahan informasi
  3. Model personal-humanistik
  4. Model modifikasi tingkah laku.

Kendati demikian, seringkali dari penggunaan istilah model pembelajaran tersebut di identikkan dengan strategi pembelajaran.

3. Menurut E. Mulyasa (2003), ia mengetengahkan lima model pembelajaran yang dianggap sesuai dan tepat dengan tuntutan Kurikukum Berbasis Kompetensi; yakni antara lain :

  1. Pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching Learning
  2. Bermain Peran (Role Playing)
  3. Pembelajaran Partisipatif (Participative Teaching and Learning)
  4. Belajar Tuntas (Mastery Learning)
  5. Pembelajaran dengan Modul (Modular Instruction).
BACA JUGA :   10 Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

4. Menurut Joyce dan Weil (1986: 14-15), mereka mengemukakan bahwa setiap dari model belajar mengajar atau model pembelajaran tersebut harus mempunyai empat unsur yaitu sebagai berikut:

a. Sintak (syntax) atau merupakan fase-fase (phasing) dari model yang menjelaskan model tersebut serta dalam pelaksanaannya secara nyata. Dan sebagai contohnya, bagaimana kegiatan pendahuluan pada proses pembelajaran itu dilakukan? Apa yang akan terjadi berikutnya?

b. Sistem sosial (the social system) yang menunjukkan peran & hubungan guru serta siswa selama proses pembelajaran. Kepemimpinan seorang guru sangatlah ber variasi pada satu model dengan model yang lainnya. Pada satu model, seorang guru berperan sebagai fasilitator akan tetapi pada model yang lainnnya seorang guru berperan sebagai sumber ilmu pengetahuan.

c. Prinsip reaksi (principles of reaction) yang menunjukkan bagaimana seorang guru memperlakukan siswanya serta bagaimana pula ia merespon terhadap apa yang dilakukan oleh siswanya. Pada satu model, seorang guru memberi ganjaran atas sesuatu yang sudah dilakukan oleh siswa dengan baik, akan tetapi pada model yang lainnya seorang guru bersikap tidak memberikan penilaian terhadap siswanya, terutama untuk hal-hal yang berkait dengan kreativitas.

d. Sistem pendukung (support system) yang menunjukkan segala sarana, bahan, & alat yang dapat dipergunakan dalam mendukung model tersebut.

5. Menurut Toeti Soekamto & Winataputra (1995:78), mereka mendefinisikan ‘model pembelajaran’ itu sebagai kerangka konseptual yang dapat menggambarkan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar bagi para siswa untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran serta berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran & para pengajar dalam merencanakan Serta melaksanakan aktivitas belajar mengajar.

Itulah ulasan singkat tentang Model pembelajaran, dan semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di kesempatan dengan artikel bermanfaat lainnya.

BACA JUGA :   Ciri – Ciri Perubahan Primer dan Sekunder

You May Also Like

About the Author: admin