Apa itu Sinar Terusan

Apa yang itu Sinar Terusan

Apa itu Sinar TerusanSinar terusan adalah Sebuah radiasi partikel yang memiliki muatan positif ( Tetapi dalam medan listrik radiasi partikel tersebut belok ke kutub negatif.

Partikel sinar ini juga sangat bergantung dari jenis-jenis gas yang berada pada dalam tabung.Itu berarti, apabila nanti gas yang ada pada tabung tersebut kita ganti. Ternyata dapat menghasilkan sebuah partikel sinar dari tabung crookes dengan ukuran yang berbeda dari ukuran partikel  sebelumnya.

Apa Itu Sinar Terusan

"Apa

Sinar Terusan adalah sebuah radiasi partikel  yang berasal dari permukaan anode yang menuju permukaan katode pada sebuah tabung crookes.

Mengapa sinar ini dapat kita sebut sebagai sebuah radiasi partikel? Hal ini penyebabnya adalah dari seorang peliti yang menemukan proton yaitu Eugen Goldstein. Ia adalah seorang peneliti dan ahli fisika yang berasal dari jerman.

Dalam penelitiannya Eugen Goldstein Melakukan sebuah percobaan pada tabung crookes. Percobaan tersebut ia lakukan dengan menembakan sebuah sinar ke arah tabung crookes.

Eugen Goldstein juga seorang penemu dari sinar anode dan juga penemu sinar proton.

Oleh karena itu sinar ini dapat kita sebut juga sebagai sebuah radiasi partikel yang berasal dari permukaan anode ke arah katode pada sebuah tabung crookes.

Kesimpulan

Nah, dari hasil penelitian Eugen Goldstein tersebut menunjukan bahwa sinar terusan ini merupakan radiasi dari partikel ( Yang dapat memutar kincir). Yang mana partikel tersebut bermuatan positif dalam medan elektromagnetik yang dapat belok ke kutub negatif.

Partikel sinar ini juga sangat bergantung pada jenis dan banyak gas yang ada pada tabung.maksudnya, jika gas yang ada pada dalam tabung kita ganti.Ternyata akan menghasilkan partikel sinar yang berbeda.

BACA JUGA :   Rumus Gaya Gravitasi Beserta Keterangannya

Untuk partikel dari sinar tersebut yang paling kecil, akan kita dapatkan dari gas hidrogen yang kita masukan ke dalam tabung crookes.

Muatan yang terdapat dalam partikel sinar yang berasal dari tabung crookes ini terdiri dari proton-proton. Karena partike tersebut berasal dari kelipatan dari sebuah proton.

Demikianlah artikel mengenai Apa yang itu Sinar Terusan. Semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi tentang ini.

You May Also Like

About the Author: yudha