Pengertian dan Unsur Resensi

Pengertian-dan-Unsur-Resensi

Pengertian dan Unsur Resensi – Resensi merupakan karangan yang berisi suatu ulasan terhadap suatu karya, seperti buku, film atau juga berupa album. Resensi juga biasanya diartikan untuk memperdalam dari pengertian resensi itu sendiri, Dan definisi resensi menurut para ahli merupakan suatu karangan yang berisi penilaian terhadap buku ataupun karya seni. Resensi pula ditulis untuk memperkenalkan buku atau karya seni itu sendiri kepada masyarakat khususnya pembaca dan membantu mereka dalam memahami atau bahkan memilihnya. Adapun Unsur-unsur dari resensi terdiri dari identitas buku, ikhtisar buku, kepengarangan, sampai keunggulan dan kelemahannya. Dan Berikut penjelasan dari Unsur-unsur dari resensi.

Pengertian-dan-Unsur-Resensi

Unsur-Unsur Resensi :

1. Identitas Buku

Meliputi judul, nama dari pengarang, nama penerbit dan alamat, nomor edisi dan ketebalan buku. Identitas buku juga meliputi ukuran buku, warna dan ilustrasi jilid. Namun dalam kepentingannya dengan penulisan resensi hal itu jarang sekali dimunculkan.

2. Ikhtisar Buku

Disusun berdasarkan pokok isi dari buku. Namun, Karena buku yang akan di resensi itu berupa sebuah novel maka cara menentukan pokok-pokok tidaklah sama dengan buku nonfiksi. Pokok dari isi novel dapat ditentukan dari keadaan atau peristiwa-peristiwa penting.

3. Kepengarangan

Sosok dari pengarang sering diceritakan dalam suatu resensi novel. Hal itu terutama berkaitan dengan latar belakang, keahlian, sikap-sikap, dan karya-karyanya. Bagian yang telah disebutkan diceritakan secara ringkas dan umumnya tidak lebih dari satu paragraf. Sosok pengarang pada umumnya dicantumkan pada halaman pertama atau pada bagian belakang novel. Dari sinilah kita dapat berbicara tentang unsur kepengarangan. Untuk pengarang yang sudah terkenal, kita dapat membacanya dari sumber-sumber lainnya. Dari Internet juga kita bisa memperoleh informasi lebih lengkap lagi.

BACA JUGA :   Beberapa Macam Majas Beserta Pengertiannya

4. Keunggulan dan Kelemahan

dalam resensi keunggulan dan kelemahan dapat berkaitan dengan unsur-unsur dari novel. Terhadap unsur-unsur itu kita dapat memberikan penilaian, baik berdasarkan kesederhanaan, kejelasan, kekhasan, penguasaan masalah, dan aspek-aspek lain yang kita tentukan sendiri. Ya! itulah Pengertian Resensi dan Unsu-unsur dari resensi, semoga dapat membantu pembaca sekalian.

Baca Lainnya:

You May Also Like

About the Author: admin