Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Struktur-Surat-Lamaran-Pekerjaan

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan – Surat lamaran pekerjaan adalah surat permohonan yang tujuannya ialah untuk mendapatkan pekerjaan pada suatu perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan dibutuhkan ketika hendak melamar suatu pekerjaan baik dari inisiatif sendiri maupun dari iklan yang biasa terpasang dimedia masa seperti surat kabar koran. Surat lamaran ini merupakan termasuk ke dalam salah satu surat resmi.

Pengertian dari surat resmi adalah surat yang biasanya dibuat yang berhubungan dengan suatu perusahaan ataupun instansi. Maka Struktur surat lamaran pekerjaan pun pada dasarnya sama dengan surat-surat resmi lainnya. Akan tetapi, dalam hal ini struktur dari surat lamaran pekerjaan haruslah sesuai dengan perusahaan atau instansi yang dituju si pelamar sebagai bentuk pertimbangan agar diterima atau tidaknya sebagai pegawai baru.

Struktur-Surat-Lamaran-Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan yang dibuat untuk kantor di pemerintahan akan lebih baik apabila menggunakan model resmi. Hal ini mengindikasikan bahwa struktur dari surat lamaran pekerjaan banyak jenisnya tergantung dari penulisan surat maupun lembaga struktur surat lamaran pekerjaan diantaranya sebagai berikut:

1. Full Block Style

Format ini merupakan format surat yang dianggap sebagai format yang paling formal dari surat-surat lainnya. Dalam surat dengan format ini setiap baris dalam surat menggunakan rata kiri. Walaupun tidak ada peraturan yang resmi tentang penggunaan format ini, namun format ini sangat sering digunakan dalam surat lamaran

2. Block Style

Format ini juga disebut surat simple. Format ini merupakan surat yang susunannya hampir mirip dengan format full block style yaitu memakai rata kiri, akan tetapi penulisan tanggal, nama terang pengirim ditempatkan disebelah kanan surat.

BACA JUGA :   Sistem Ekonomi Untuk Memecahkan Masalah Ekonomi

3. Semi Block Style

Format dalam jenis ini disetiap isi paragraphnya menjorok kedalam.

4. Intended Style

Bentuk surat dengan format intended style ini hampir mirip dengan bentuk format block style, yang berbeda hanya pada penulisan alamat dalam yang menyerupai tangga.

5. Hanging style

Dan sedangkan format inipun agak sedikit beda dengan bentuk block style yaitu dari penulisan pada alinea pertama disetiap paragraph di dalam isi surat tidak menjorok kedalam sedangkan alinea berikutnya barulah menjorok kedalam.

Dari format struktur dari lamaran pekerjaan diatas struktur yang sering digunakan yaitu Full Block Style, Block Style, dan Semi Block Style. Sedangkan struktur lainnya sering digunakan pada surat resmi seperti surat dinas. Perbedaan dari surat lamaran pekerjaan dengan surat resmi ialah surat lamaran pekerjaan tidaklah menggunakan nomor, nama jabatan dan tembusan karena surat ini biasanya bersifat pribadi yang ditulis sendiri bukan berdasarkan perintah dari atasan yang dikeluarkan secara berkelanjutan oleh suatu instansi atau perusahaan tertentu.

Baca Artikel Terkait Lainnya:

You May Also Like

About the Author: admin