19 Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

19 Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

19 Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli – Di kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian metodologi penelitian menurut para ahli, silahkan disimak penjelasannya berikut ini :

Metodologi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu “methodos” dan “logos”. Methodos (metode) “methodos” yang terdiri dari 2 kata yaitu “metha” artinya melewati, menempuh atau melalui dan kata “hodos” yang artinya cara atau jalan. Maka dari itu pengertian dari “Metode” ialah cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan dan sedangkan logos berarti ilmu atau bersifat yang ilmiah. Jadi Metodologi ialah merupakan ilmu atau cara yang digunakan dalam memperoleh suatu kebenaran dengan menggunakan penelusuran dengan urutan dan tata cara tertentu sesuai dengan apa yang akan dikaji atau yang diteliti secara ilmiah.

19 Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

Ada dua hal yang penting dalam metode, yakni cara dalam melakukan sesuatu & sebuah rencana dalam pelaksanaannya. Dan adapun fungsinya sebagai alat untuk mencapai sebuah tujuan.

Dan berikut ini kami sajikan beberapa pengertian dan definisi metodologi menurut para ahli. Adapun pengertiannya tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), metode merupakan cara kerja yang mempunyai sistem dalam memudahkan pelaksanaan dari suatu kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

2. Drs.Agus M. Hardjana, beliau mengemukakan metode merupakan cara yang telah dipikirkan secara matang yang dilakukan dengan mengikuti, beberapa langkah-langkah tertentu demi tercapainya sebuah tujuan.

3. Titus, menjelaslan bahwa metode merupakan serangkaian cara & langkah-langkah yang tertib untuk menegaskan suatu bidang keilmuan.

4. Almadk, menjelaskan bahwa metode merupakan suatu cara dengan menerapkan berbagai prinsip yang logis terhadap suatu penemuan & penjelasan kebenaran.

BACA JUGA :   Pengertian, Definisi, Metode, Tujuan, Ciri Dan Unsur Penelitian Sosial

5. Rothwell & Kazanas. Menurut mereka metode ialah cara, proses atau pendekatan untuk menyampaikan sebuah informasi.

6. Hebert Bisno menjelaskan, metode merupakan suatu teknik yang digeneralisasikan dengan baik & benar agar bisa diterima ataupun digunakan dalam satu disiplin ilmu ataupun bidang disiplin & praktek.

7. Macquarie. Metode ialah suatu cara dalam melakukan sesuatu terutama suatu hal yang berkaitan dengan rencana tertentu.

8. Rosdy Ruslan, menjelaskan metode sebagai kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan cara kerja dalam memahami suatu subjek maupun objek penelitian dalam upaya menemukan jawaban secara ilmiah & keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.

9. Wiradi. Metode ialah seperangkat langkah dari apa yang harus dikerjakan secara tersusun & sistematis.

10. Ostle. menjelaskan metode merupakan suatu pengajaran terhadap sesuatu dalam memperoleh sesuatu yang interelasi.

11. Departemen Sosial RI, menjelaskan bahwa metode adalah suatu cara teratur yang digunakan dalam menjalankan suatu pekerjaan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

12. Max Siporin, metode merupakan suatu orientasi kegiatan yang mengarah pada persyaratan tujuan & tugas yang nyata.

13. Pasaribu Simanjuntak, beliau menjelaskan bahwa metode ialah suatu cara sistematik yang digunakan demi tercapainya sebuah tujuan.

14. Hamid Darmadi, menjelaskan metode sebagai jalan atau cara yang harus dilewati dalam mencapai sebuah tujuan.

15. Heri Rahyubi. Menurutnya metode ialah suatu model cara yang bisa dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar demi tercapainya suatu proses pembelajaran yang baik.

16. Nasir, menjelaskan Metode penelitian ialah cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan & menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.

17. Winarno, menjelaskan Metode penelitian ialah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yg teliti & sistematik.

BACA JUGA :   Pengertian Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif Beserta Perbedaannya

18. Muhiddin Sirat, menjelaskan Metode penelitian ialah suatu cara memilih masalah & penentuan judul penelitian.

19. Sugiyono, menjelaskan Metode penelitian ialah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan & kegunaan tertentu.

Itulah sekilas dari 19 pengertian metodologi penelitian menurut para ahli, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

You May Also Like

About the Author: admin