Pengertian, Definisi, Metode, Tujuan, Ciri Dan Unsur Penelitian Sosial

Posted on

Pengertian, Definisi, Metode, Tujuan, Ciri Dan Unsur Penelitian Sosial

Pengertian, Definisi, Metode, Tujuan, Ciri Dan Unsur Penelitian Sosial – Penelitian sosial ialah sebuah istilah yang digunakan pada penyelidikan yang dirancang untuk menambah ilmu pengetahuan sosial atua praktik sosial. Istilah satu ini mreujuk pada hubungan antara dan diantara orang, kelompok keluarga, institusi seperti komunitas, sekolah, organisasi dan lain sebagainya, serta lingkungan yang ukurannya lebih besar.

Pengertian Penelitian Sosial

Sebuah gejala sosial dijadikan topik dalam penelitian sosial. Topik yang berkaitan dengan gejala sosial bisa menyangkut pada individu seperti kepuasan kerja, kelompok seperti kepemimpinan, masyarakat seperti struktur sosial, institusi seperti iklim organisasi, dan lingkungan yang ukurannya lebih luas seperti negara, contohnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Jika seperti ini, penelitian mengenai hubungan antara dan diantara orang, eklompok, isntitusi atau lingkungan yang lebih besar dinamakan sebagai penelitian sosial. Penelitian sosial ialah sebuah tipe penelitian yang dilakukan oleh ilmuan sosial untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan pada berbagai aspek sosial sehingga kita dapat memahaminya.

Metode Penelitian Sosial

Metode pada penelitian sosial ialah cara yang digunakan dalam melakukam sebuah kegiatan yang bisa dibagi dalam dua macam, yakni metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Keduanya ini memiliki metode berbeda satu sama lainnya, akan tetapi yang pasti dalam prosesnya, penyusunannya menjelaskan teknik dan prosedur penelitian yang dilakukan.

Tujuan Penelitian Sosial

Untuk bisa menemukan suatu pengetahuan yang baru di bidang tertentu, menguji kebenaran pengetahuan dalam bidang yang sudah ada, melakukan pengembangan pengetahuan yang sudah ada, dan menulis sebuah karya ilmiah contohnya membuat sebuah disertasi, tesis atau skripsi.

Ciri – Ciri Penelitian Sosial

Sebuah penelitian sosial juga memiliki ciri – ciri seperti yang sudah dijelaskan oleh Soedjono Dirdjosisworo seperti di bawah ini :

  • Sistematis, memiliki arti bahasan yang tersusun secara teratur, berurutan menurut sistem.
  • Logis, berarti sesuai dengan logika, msuk di akal dan benar menurut penalaran.
  • Empiris yang berarti didapatkan dari pengalaman, penemuan dan pengamatan.
  • Metodis yang artinya berdasarkan metode yang kebenarannya diakui oleh penalaran.
  • Umu, berarti menggeneralisasi, meliputi semua dan tidak menyangkut pada yang khusus saja.
  • Akumulatif, berarti bertambah terus, semakin brekembang dan dinamis.

Unsur – Unsur Penelitian Sosial

Unsur – unsur penting yang menjadi filosofi untuk mendasari penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah, yakni :

  • Pemikiran atau Kegiatan Inetelektual
  • Interpretasi atau Mencari Makna Yang Hakiki
  • Objek atau Semau Fakta dan Gejala
  • Metode atua Dengan cara Metodis, Refleksi dan Sistematis
  • Tujuan atau Untuk Kebahagiaan Masyarakat.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Definisi, Metode, Tujuan, Ciri Dan Unsur Penelitian Sosial, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...