Pengertian Bakteri Gram Positif dan Negatif Beserta Contohnya

Pengertian Bakteri Gram Positif dan Negatif beserta contohnya

Pengertian Bakteri Gram Positif dan Negatif Beserta Contohnya – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bakteri Gram Positif dan Gram Negatif. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Bakteri Gram Positif

Pengertian Bakteri Gram Positif dan Negatif beserta Contohnya

Gram-positif merupakan bakteri yang mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu dalam proses pewarnaan Gram sehingga akan berwarna biru atau ungu di bawah mikroskop.

Disisi lain, bakteri gram-negatif akan berwarna merah atau juga merah muda. Perbedaan antara keduanya didasarkan pada perbedaan struktur dinding sel yang berbeda dan bisa dinyatakan oleh prosedur pewarnaan Gram. Prosedur ini sendiri ditemukan pada tahun 1884 oleh seorang ilmuwan asal Denmark yang bernama Christian Gram dan merupakan prosedur penting dalam klasifikasi bakteri.

Bakteri gram positif seperti Staphylococcus aureus (bakteri patogen yang pada umum pada manusia) hanya memiliki membran plasma tunggal yang dikelilingi dinding sel tebal berupa peptidoglikan. Sekitar 90 persen dari dinding sel tersebut tersusun dari peptidoglikan sedangkan sisanya berupa molekul lain bernama asam teikhoat. Di sisi lain, bakteri gram negatif (seperti E. coli) memiliki sistem membran ganda yang mana membran pasmanya diselimuti oleh membran luar permeabel. Bakteri ini sendiri memiliki dinding sel tebal berupa peptidoglikan, yang terletak di antara membran dalam dan membran luarnya.

Pengertian Bakteri Gram Negatif

Pengertian Bakteri Gram Positif dan Negatif beserta Contohnya

Bakteri gram-negatif merupakan bakteri yang tidak mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu proses pewarnaan Gram sehingga akan berwarna merah jika diamati dengan mikroskop.

Disisi lain, bakteri gram-positif akan berwarna ungu. Perbedaan antara keduanya didasarkan pada perbedaan struktur dinding sel yang berbeda dan bisa dinyatakan oleh prosedur pewarnaan Gram. Prosedur ini sendiri ditemukan pada tahun 1884 oleh seorang ilmuwan asal Denmark yang bernama Christian Gram dan merupakan seorang prosedur penting dalam klasifikasi bakteri. Bakteri gram positif seperti Staphylococcus aureus (bakteri patogen yang umum ada pada manusia) hanya memiliki membran plasma tunggal yang dikelilingi dinding sel tebal berupa peptidoglikan. Sekitar 90% dari dinding sel tersebut tersusun dari peptidoglikan sedangkan sisanya berupa molekul lain bernama asam teikhoat. Di sisi lain, bakteri gram negatif (seperti E. coli) mempunyai sistem membran yang ganda di mana membran pasmanya diselimuti oleh membran luar permeabel. Bakteri ini sendiri memiliki dinding sel tebal berupa peptidoglikan, yang terletak di antara membran dalam dan membran luarnya.

BACA JUGA :   14 Macam Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia

Banyak dari spesies bakteri gram-negatif yang bersifat patogen, yang berarti mereka berbahaya bagi organisme inang. Sifat patogen ini pada umumnya berkaitan dengan komponen tertentu pada dinding sel gram-negatif, terutama pada lapisan lipopolisakarida (dikenal juga dengan LPS atau endotoksin).

Contohnya

Berikut ini contoh beserta penyakit yang ditimbulkan bakteri Gram Positif dan Gram Negatif :

Pengertian Bakteri Gram Positif dan Negatif beserta contohnya

Itulah penjelasan tentang Pengertian Bakteri Gram Positif dan Negatif Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka