Pengertian Bakteri Salmonella dan Ciri-Ciri Bakteri Salmonella

Pengertian Bakteri Salmonella dan Ciri-Ciri Bakteri Salmonella

Pengertian Bakteri Salmonella dan ciri-Ciri Bakteri Salmonella – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Bakteri Salmonella. Apa itu salmonella, tentu anda penasaran karena namanya mirip dengan nama ikan. Daripada kita bingung, baiknya kita simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Salmonella

Salmonella merupakan jenis dari bakteri enterobakteria gram-negatif yang bentuknya seperti tongkat. Salmonella sendiri dapat menyebabkan gangguan seperti tifoid (tipus), paratifod, dan penyakit foodborne. Spesies-spesies Salmonella sendiri dapat bergerak bebas dan menghasilkan hidrogen sulfida.

Pengertian Bakteri Salmonella dan Ciri-Ciri Bakteri Salmonella

Salmonella ditemukan pertama kali oleh Theobald Smith di tahun 1885 pada tubuh babi. Dan kemudian jenis bakteri ini dinamakan dengan “Salmonella” oleh rekannya, yaitu Daniel Edward Salmon, yang merupakan seorang ahli patologi asal Amerika.

Perlu diketahui bahwa salmonella merupakan penyebab utama dari penyakit yang disebarkan lewat makanan (foodborne diseases). Pada umumnya, serotipe Salmonella mengakibatkan penyakit pada organ pencernaan. Penyakit yang disebabkan oleh Salmonella biasa disebut salmonellosis.

Adapun ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis, yaitu antara lain: diare, keram perut, hingga demam dalam waktu 8-72 jam setelah memakan makanan yang telah terkontaminasi oleh Salmonella. Gejala lainnya ialah demam, sakit kepala, mual dan muntah-muntah.

3 (tiga) serotipe utama dari jenis Salmonella enterica ini adalah S. typhi, S. typhimurium, dan S. enteritidis. S. typhi sendiri menyebabkan penyakit demam tifus (Typhoid fever), hal ini karena invasi bakteri ke dalam pembuluh darah dan gastroenteritis, yang disebabkan oleh keracunan makanan/intoksikasi.

Gejala demam tifus sendiri meliputi demam, mual-mual, muntah dan kematian. S. typhi mempunyai keunikan yang hanya menyerang manusia, dan tidak ada inang lain. Infeksi Salmonella dapat berakibat fatal terhadap bayi, balita, ibu hamil serta kandungannya dan orang lanjut usia. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh yang menurun. Kontaminasi Salmonella dapat dicegah dengan mencuci tangan serta menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA :   Cara Reproduksi Bakteri Secara Seksual dan Aseksual

Ciri-ciri Salmonella

Setelah kita memahami pengertian Salmonella dari penjelasan diatas, berikut ini ciri – ciri dari Bakteri Salmonella :

  1. Salmonella merupakan bakteri gram negatif yang berbentuk batang. Bakteri gram negatif tidak mempertahankan pewarna kristal violet yang digunakan pada metode pewarnaan gram karena fakta bahwa mereka mempunyai dinding sel yang tipis. Bakteri gram negatif ini sering berbahaya bagi inang, yang merupakan kasus untuk banyak bakteri Salmonella.
  2. Salmonella memiliki panjang antara 2 (dua) dan 5 (lima) mikrometer dan diameter 0,7-1,5 mikrometer.
  3. Salmonella memiliki flagela, yang mana proyeksinya seperti ekor yang terbuat dari protein yang dapat membantu bakteri untuk bergerak.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Bakteri Salmonella dan Ciri-Ciri Bakteri Salmonella, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka