Pengertian Iklan Baris

Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Iklan Baris

Pengertian Iklan Baris – Tentunya kita sering melihat iklan baris di media-media cetak terlebih lagi dikoran atau surat kabar. Dan apa sebenarnya Iklan baris dan apa saja ciri-ciri dan Jenisnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasan berikut ini :

Pengertian Iklan Baris

Iklan baris atau dalam bahasa inggris disebut Classified Advertising merupakan salah satu pilihan promosi barang atau jasa yang pada umumny ditemukan dikoran.

Promosi iklan dengan cara ini merupakan pengembangan iklan yang mengutamakan daya tarik dengan menggunakan gambar dan informasi yang lebih lengkap dan terperinci dalam bentuk teks.

Iklan baris lebih mengutamakan inti informasi yang perlu diketahui oleh peminatnya. Karenanya iklan baris hanya memuat informasi seperlunya dan hanya membutuhkan beberapa baris saja sesuai dengan namanya (Iklan Baris).

Biasanya media cetak koran mensyaratkan iklan baris minimal 2-3 baris, dan dilengkapi dengan laman, nomor telepon, dan sebagainya untuk menambah informasi iklan baris tersebut.

Karena tidak memakai gambar sebagai daya tariknya, iklan baris ditampilkan secara berkelompok sesuai dengan isinya. Misalnya, kelompok barang yang dijual dipasang dalam baris yang berbeda dengan kelompok barang yang dicari.

Dan selanjutnya, barang-barang yang dijual pun diklasifikasikan lebih jauh, seperti: tanah, rumah, mobil, motor, dll. Penjual ataupun pembeli biasanya memberikan nomor telpon atau alamat rumah di mana barang tersebut dapat dilihat, dibeli, atau diambil.

Karena ukurannya yang jauh lebih kecil daripada iklan pada umumnya, iklan baris lebih murah daripada iklan-iklan lainnya. Pemuatannya pun jauh lebih sederhana karena tidak membutuhkan art-work atau ilustrasi grafis, sehingga koran-koran pada umumnya dapat menerima iklan baris untuk segera dimuat / ditampilkan dalam penerbitan esok harinya.

BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Surat Pribadi

Dengan seiring Perkembangan teknologi media, pada masa kini membuat iklan baris tidak lagi terbatas pada koran, tetapi juga bisa dengan media lainnya, seperti internet.

Kebanyakkan Iklan Baris kini lebih di tumpukan pada laman ataupun blog dengan menggunakan kaedah teknologi baru di laman internet seperti blogger.com dan juga wordpress.

Ciri-ciri Iklan Baris

Beberapa ciri iklan bais:

  1. Iklannya berupa inti informasi, yang mana menjadikannya ditulis dengan singkat dan umumnya memiliki 2 hingga 3 baris.
  2. Ditampilkan / dimuat dengan berkelompok sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan, semisal mobil, rumah, jasa, tanah dan lain sebagainya.
  3. Tidak memerlukan ilustrasi grafis (gambar)
  4. Biaya pemasangannya murah, karena hanya memerlukan lokasi yang kecil dalam kolom koran
  5. Bentuk kalimatnya pendek dan sering memakai singkatan, ada juga iklan yang lengkap dengan tambahan gambar yang ukurannya sangat kecil dan tak berwarna.
  6. Di lengkapi dengan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Jenis-jenis Iklan Baris

Menurut tujuannya, iklan baris terdiri dari 4 jenis, yaitu :

Iklan Penawaran (Barang/Jasa)
Merupakan iklan yang menawarkan barang ataupun Jasa

Iklan Pencarian
Iklan yang memberikan suatu informasi pencarian, bisa mencari barang, orang atau hal-hal lainnya

Iklan Penjualan
Iklan yang berisikan informasi tentang penjualan barang

Iklan Lowongan
Iklan yang berisikan informasi tentang lowongan pekerjaan

Contoh Iklan Baris

  1. Dicari guru B.Inggris Llsn SMA/D3/S1/S2 syrt: ikut Test & training dulu; Udin-58648888 Gatot Subroto 56
  2. Bth Sgr Sales Wanita Pny motor Max.30Th B’sedia Kluar daerah Lmr Ke CV Andi Semarang Jaya .Smg Indah Blok B7 No.6
  3. Dibutuhkan: 1.Penjahit, Jaket. 2. Staff Produksi Batik, Packing Dan Tukang Potong. Hub. 089 354 098 456
  4. Innova 2016, warna puth, full ors sgt trwt, kilometer dikit, surat lengkap, minat hub: 0817 7876 9090
  5. Mazda type CX5 warna hitam “17, jarang dipakai, mesin ori, surat lengkap, 150 Juta, Nego: 0812 4567 9087
  6. Dicari cepat seorg Guru Mtk untk tmpt kursus, jln. Ahmad Yani Metro Lengkap Hub: 0853 6970 8090
  7. Dcri ART cewek, usia min 18 thn, max 30 thn, krj enak, gaji cukup besar, minat hub: 0819 8895 6789
BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Guru

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian Iklan Baris, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka