Contoh Paragraf Eksposisi

Contoh Paragraf Eksposisi

Contoh Paragraf Eksposisi – Paragraf eksposisi adalah paragraf yang isi kontennya dikembangkan dengan bertujuan untuk memberikan penjelasan bagi pembaca tentang sebuah informasi. Sehingga pembaca dapat suatu pengetahuan dari membaca sebuah paragraf tersebut.

Pada paragraf eksposisi memberikan informasi berupa pengetahuan ilmiah, yang mana sebuah hal nyata dan tidak dibuat-buat atau sebuah mitos.

Pada umumnya tujuan pembuatan paragraph ini untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada para pembaca. Agar para pembaca mendapatkan informasi atau pengetahuan secara keseluruhan tentang sebuah masalah. Perlu kalian ketahui bahwa paragraph ini dituliskan berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan penulis.

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

Tentang Beras:

Beras adalah salah satu makanan pokok yang ada di Indonesia yang sudahdikonsumsi sejak jaman nenek moyang kita. Karena bahan makanan ini terkenal mengandung banyak karbohidrat dalam tubuh manusia. Beras adalah makanan yang berasal dari tanamah padi yang telah dipisahkan dari kulitnya.

Beras memiliki beberapa macam jenis, dan setiap jenis beras memiliki keunggulan masing-masing. Ada yang unggul pada kualitasnya, harganya bahkan unggul dari kandungan gizinya. Tanaman ini kira-kira hanya memiliki tinggi satu meter sampai satu setengah meter dan biasa ditanam oleh petani dataran rendah.

Karena tanaman padi adalah salah satu tanaman yang memiliki akar serabut dan tidak cocok untuk daerah pegunungan. Salah satu jenis beras yang menjadi favorit rakyat Indonesia adalah jenis beras ketan. Tetapi jenis beras ini tidak bisa digunakan sebagai makanan pokok, tetapi biasa dimanfaatkan untuk bahanbaku makanan lainnya.(eksposisi definisi).

Nah itulah Contoh Paragraf Eksposisi yang kami rampung dari berbagai sumber.

BACA JUGA :   Pengertian Paragraf Beserta Jenis Dan Contohnya

You May Also Like

About the Author: admin