Manfaat Membaca Karya Ilmiah

Manfaat Membaca Karya Ilmiah

Manfaat Membaca Karya Ilmiah – Dalam menulis suatu karya ilmiah perlu kelogisan yang tepat dan untuk mencapai tingkat kelogisan dalam suatu karya ilmiah seorang peneliti harus memiliki landasan teori yang sangat kuat. Karena landasan teori inilah yang membantu peneliti dalam menyusun dan mempertahankan hasil penulisannya.

Manfaat Membaca Karya Ilmiah

  1. Mendapatkan informasi baru tentang materi yang dibahas
  2. Mengetahui struktur karya ilmiah
  3. Memahami cara pandang peneliti terhadap materi
  4. Mengetahui referensi/ sumber buku apa saja yang mungkin menarik untuk kita baca selanjutnya, baik berhubungan atau tidak dengan dengan karya ilmiah.
  5. Membuat kita memiliki wawasan dan atau cara pandang, serta pola pikir yang luas.
  6. Memperkaya perbemdaharaan kata
  7. Memahami cara melakukan implementasi teori dan perakterk dari hasil (laporan).

Jenis-jenis Karya Ilmiah Secara Umum

  • Artikel adalah tulisan yang berisi pendapat subjektif yang penulisannya tentang suatu masalah atau peristiwa. Dalam konteks ilmiah, artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku yang berisikan artikel. Artikel ilmiah diangkat dari hasil pemikiran dan kajian pustaka ataupun hasil pengembangan sebuah proyek.
  • Makalah adalah karya ilmiah yang menyajikan sebuah masalah yang penyelesaiannya mengandalkan bermacam-macam data yang ada di lapangan. Karya ilmiah ini bersifat empiris dan juga objektif. Dalam penyajiannya, makalah biasanya dipresentasikan dalam sebuah kegiatan seminar.
  • Skripsi adalah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana (S1)-nya. Skripsi memuat tulisan berisi pendapat penulis dengan mengacu atau berdasarkan teori yang telah ada sebelumnya.
  • Kertas Kerja atau Work paper pada dasarnya sama dengan makalah, namun dibuat dengan analisis yang lebih mendalam dan tajam serta dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan.
BACA JUGA :   3 Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Resmi Terbaru

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin