Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku

Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku

Masterpendidikan.com – Penggunaan kata baku dan tidak baku perlu dipahami dengan saksama sehingga dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Artikel ini akan membahas tentang Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku.

Anda dapat melihatnya secara online atau KBBI dalam bentuk buku. Jika kata yang akan kamu gunakan berada dalam KBBI, kata tersebut adalah kata baku atau tidak baku.

Ada beberapa hal yang dapat dilihat untuk membedakan antara kata baku dan tidak baku, mulai ciri-ciri hingga penggunaannya.

Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku

Kata Baku

Adalah kata yang digunakan sesuai aturan atau kaidah berbahasa Indonesia yang sudah ditentukan sebelumnya. Kata baku juga merupakan kata yang penggunaannya sudah sesuai ejaan dan aturan pedoman bahasa Indoneisa yang baik dan benar, yang bersumber pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Selain itu, penggunaan kata baku dapat dilihat dari penggunaanya yang sudah sesuai EYD (Ejaan yang Sudah Disempurnakan). Penggunaaan kata baku ini biasanya digunakan untuk pengungkapan bahasa yang bersifat resmi, dalam bentuk surat maupun naskah pidato.

Kata Tidak Baku

Merupakan kebalikan dari kata baku, yang penggunaanya tidak sesuai aturan dan kaidan berbahasa Indonesia yang sudah ditentukan sebelumnya.

Ketidak bakuan sebuah bahasa tidak hanya ditentukan dengan penulisan yang tidak sesuai pedoman, namun juga bisa terjadi karena salah penulisan, pengucapan yang salah, dan susunan kalimat yang tidak sesuai.

Kalimat tidak baku lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari karena terkesan lebih santai dan tidak kaku. Kata tidak baku juga dapat digunakan saat berdiskusi membahas suatu hal bersama teman atau keluarga.

BACA JUGA :   Langkah-Langkah Menemukan Gagasan Utama

Nah itulah pengertiannya. Semoga bermanfaat bagi anda.

You May Also Like

About the Author: admin