Contoh Kalimat Majas Hiperbola

Contoh Kalimat Majas Hiperbola

Masterpendidikan.com – Kalimat Hiperbola dalam bahasa indonesia adalah sesuatu yang dibesar-besarkan atau dilebih-lebihkan dari kenyataan yang sebenarnya. Berikut Contoh Kalimat Majas Hiperbola.

Kita sering kali menemukan kalimat hiperbola ini dalam kehidupan sehari-hari, contoh ada suatu kejadian yang sebenarnya biasa saja, akan tetapi media membesar-besarkan berita kejadian tersebut.

Majas hiperbola merupakan salah satu dari majas yang populer digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata hiperbola diambil dari bahasa Yunani yang berarti “berlebihan”. Di dalam pengelompokkannya majas hiperbola masuk dalam salah satu ketegori majas pertentangan.

Contoh Kalimat Majas Hiperbola

Berikut adalah contoh kalimat hiperbola dan penjelasannya.

  • Hatiku meleleh ketika ia mengungkapkan perasaannya padaku.
    Penggunaan “hati yang meleleh” pada kalimat di atas akan membuat hiperbola menjadi dramatis. Tentunya hati tidak dapat meleleh, tapi sifat leleh dapat dipinjam untuk ungkapan majas hiperbola.
  • Barang apa saja yang kamu bawa, tasmu rasanya berton-ton beratnya.
    Kata “berton-ton beratnya” adalah ungkapan yang berlebihan, tas yang dibawa sangat berat sehingga mengungkapkannya dengan majas hiperbola alias dilebih-lebihkan.
  • Gedung-gedung dijakarta itu telah mencapai langit.
    Tentunya tidak ada gedung di dunia ini yang setinggi langit, ini hanyalah kata hiperbola karena gedung-gedung di jakarta sangat tinggi.
  • Bagi saya sepak bola itu adalah segalanya.
    Seberapa besar kecintaannya terhadap sepak bola, seseorang akan membutuhkan banyak hal lain pula dalam hidupnya, bukan hanya sepak bola saja.
  • Kata-katanya membuatku tercambuk untuk bergerak lebih cepat.
    Tentunya tidak ada kata-kata yang bisa mencabuk, ini hanya kata motivasi atau kata yang mengena di hati yang membuat seseorang lebih giat dalam mengerjakan sesuatu.
  • Suara konser menggelegar membelah bumi.
  • Tidak ada suara yang bisa membelah bumi, tentunya kata membelah bumi juga kata hiperbola yang di mana memang suara tersebut sangat keras sehingga orang akan mengungkapkannya dengan cara berlebihan.
BACA JUGA :   Contoh Surat Resmi Yang Baik dan Benar

Demikianlah penjelasan mengenai contoh majas hiperbola dan artinya dalam kalimat, semoga bermanfaat.

 

You May Also Like

About the Author: admin