Pengertian dan Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Pengertian dan Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Masterpendidikan.comPengertian dan Cara Membuat Surat Pengunduran Diri. Bekerja pada seseorang atau sebuah perusahaan tidak menjamin akan mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Akan selalu ada sebab dan alasan kita merasa bosan hingga ingin mengundurkan diri dari posisi yang saat ini sedang kita jalani. Bisa jadi karena rekan kerja yang tidak kompak atau mengintimidasi kita, tidak cocok dengan lingkungan kerja, bosan dan ingin mencoba pekerjaan lain atau bahkan masalah pribadi yang mengharuskan kita untuk pindah dan keluar dari perusahaan tersebut.

Untuk mengundurkan diri, kita tidak boleh langsung pergi tanpa pamit dan hilang jejak. Tentunya kita harus memikirkan bagaimana caranya untuk keluar dari perusahaan tersebut secara baik – baik agar tidak meninggalkan kesan buruk. Mulai dari menyelesaikan tugas kita yang belum terselesaikan. Mengajarkan orang yang nantinya akan mengisi posisi kita sebelumnya hingga membuat surat pengunduran diri sebagai informasi secara formal tentang pengunduran diri kita.

Untuk membuat surat pengunduran diri terdapat beberapa cara yang mesti kita ketahui sebelum membuatnya. Dan berikut penjelasan lebih lengkap mengenai cara membuat surat pengunduran diri.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri atau surat resign merupakan salah satu jenis surat yang dibuat untuk menyatakan pemberhentian diri untuk bekerja pada suatu perusahaan yang ditujukan kepada atasan. Surat pengunduran diri dibuat dengan bahasa yang baku karena surat ini termasuk kedalam jenis surat formal. Sehingga memiliki struktur yang lebih tertata.

Struktur Surat Pengunduran Diri

Surat ini hampir serupa dengan surat lamaran kerja dan yang membedakan hanyalah tujuan dan isinya. Untuk surat pengunduran diri pun tersusun dari beberapa struktur seperti:

  • Tempat dan tanggal pembuatan surat.
  • Nama dan alamat tujuan atau penerima surat.
  • Isi surat yang singkat, jelas dan sopan.
  • Bubuhkan tanda tangan di atas materai.
BACA JUGA :   Pengertian Peribahasa Beserta Contohnya Lengkap

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan dalam pembuatan surat pengunduran diri:

  • Memiliki alasan yang masuk akal
    Saat mengundurkan diri dari sebuah perusahaan, tentunya kita harus terlebih dahulu memikirkan alasan yang tepat agar bisa diterima atasan dimana kita bekerja.
  • Penulisan menggunakan struktur yang tepat
    Dalam penulisan surat pengunduran diri juga harus mengikuti struktur yang telah ditentukan.
  • Ajukan surat 30 hari sebelumnya
    Hal ini tercantum pada pasal 162 UU 13 pada tahun 2003 yang menjelaskan Tentang Ketenagakerjaan bahwa surat pengunduran diri dituliskan selambat – lambat 30 hari sebelum pengunduran diri ditetapkan.

    • Meninggalkan kesan baik
      Saat ingin mengundurkan diri, ada baiknya kamu langsung menemui atasan terlebih dahulu dan mengungkapkan alasan mengapa kamu ingin berhenti dari pekerjaan tersebut dengan sopan tanpa menyinggung pihak lain.

Format dalam Penulisan Surat Pengunduran Diri

Dalam menuliskan surat pengunduran diri juga terdapat beberapa format yang harus kamu urutkan untuk membuat tulisan lebih tertata dengan rapi dan formal. Berikut adalah format dalam penulisan surat pengunduran diri:

  • Nama kota dan tanggal pengiriman surat, tulis dipojok kanan atas dengan huruf yang sesuai dengan EYD.
  • Nama dan alamat tujuan, padaz bagian ini kamu cantumkan HRD diikuti nama perusahaan tempat kamu bekerja.
  • Isi surat secara singkat, jelas dan padat, disini kamu buat data diri beserta jabatan kamu di perusahaan tersebut dan beri salam perpisahan dengan berterimakasih secara sopan karena sudah diperkenankan bekerja di sana.
  • Penutup surat, tuliskan terimakasih beserta harapan agar perusahaan yang akan kamu tinggalkan lebih berjalan dengan lancer sebagai bentuk kepedulian kamu kepada perusahaan yang telah menjadi tempat kamu bekerja selama ini.
  • Nama dan tandatangan pengirim, tuliskan nama lengkap disertai tandatangan kamu selaku pengirim surat.
BACA JUGA :   Contoh Kalimat Repetisi dalam Bahasa Indonesia

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian dan cara membuat surat pengunduran diri. SEmoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi bagi kamu yang sedang membutuhkannya.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi