Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi dan Unsur dari Berita

Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi dan Unsur dari Berita

Masterpendidikan.comPengertian, Jenis, Ciri, Fungsi dan Unsur dari Berita. Sebagian besar dari kita pastinya pernah, sering bahkan telah menjadi rutinitas untuk membaca atau mendengarkan suatu berita. Baik berita yang bertemakan criminal, politik, ekonomi, olahraga dan lainnya. Terlebih dengan teknologi saat ini, bukan hal sulit lagi untuk mendapatkan sebuah berita dengan cepat dan mudah. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan berita? Lalu apa saja ciri – ciri yang ada pada sebuah berita? Berikut ulasan lebih lanjut mengenai berita yang penting untuk disimak.

Pengertian Berita

Secara umum, berita merupakan laporan yang berisikan sebuah peristiwa penting dan terbaru yang wajib untuk disampaikan pada khalayak secara cepat. Biasanya berita tersaji dalam media televisi, radio, koran atau surat kabar hingga media online.

Arti lain dari sebuah berita adalah informasi yang didasari oleh fakta suatu kejadian yang sedang berlangsung yang harus sesegera mungkin tersampaikan ke masyarakat luas. Tapi, fakta – fakta tersebut juga harus dipilih terlebih dahulu guna menyaring fakta yang sesuai serta pantas untuk disampaikan.

Jenis – Jenis Berita

Mungkin kita sudah tahu pengertian dari sebuah berita, namun sebenarnya berita juga terbagi menjadi beberapa jenis, seperti berikut ini:

  • Opinion News, isi dari berita ini merupakan pendapat para ahli atau para pengamat pada sebuah masalah, isu ataupun kejadian yang sedang berlangsung.
  • Investigation News, berita ini berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber yang biasanya juga untuk membongkat sebuah tindak kriminal yang merugikan masyarakat.
  • Depth News, berita ini menonjolkan tentang bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi yang bertujuan agar sebuah kejadian bisa terangkat lebih mendalam.
  • Straight News, berita ini terbagi lagi menjadi dua yaitu Hard News yang mana berisikan berita yang lebih terbaru dan berkualitas dan Soft News yang merupakan berita pendukung Hard News.
  • Interpretative News, merupakan berita langsung yang berisikan pendapat seseorang ataupun penelitian dari yang penulis lakukan.
BACA JUGA :   Pengertian, Jenis, Sistem Penyimpanan dan Prosedur Arsip

Ciri – Ciri Berita

Selain jenis, berita juga memiliki ciri – ciri seperti berikut:

  • Disampaikan secara jelas dengan menggunakan kalimat sederhana dan mudah dimengerti.
  • Berita harus sesuai fakta agar publik pun dapat percaya.
  • Mampu menarik perhatian masyarakat dengan penyajian yang menggunakan tekhnik penyampaian khusus.
  • Informasi yang dibagikan haruslah actual dan terkini serta bermanfaat untuk khalayak umum.

Unsur – Unsur Berita

Berikut merupakan unsur – unsur yang harus dimiliki sebuah berita agar tidak rancu dan dapat diterima masyarakat dengan baik:

  • Apa (What), berkaitan dengan apa yang disampaikan dan dibahas pada sebuah berita.
  • Siapa (Who), berkaitan dengan subjek atau orang yang berhubungan dengan berita yang sedang disampaikan.
  • Kapan (When), berkaitan dengan waktu peristiwa atau kejadian yang sedang dibahas pada sebuah berita.
  • Dimana (Where), berkaitan dengan tempat atau lokasi kejadian pada sebuah berita agar lebih mudah dipahami.
  • Kenapa (Why), terkait latar belakang dari kejadian yang sedang dibahas pada sebuah berita.
  • Bagaimana (How), ini merupakan bagian paling terperinci dalam sebuah berita karena menjelaskan kronologi atau rangkaian kejadian.

Fungsi dari Sebuah Berita

Berita juga memiliki beberapa fungsi yang lebih spesifik yang wajib diketahui agar tidak menimbulkan kekeliruan, seperti berikut ini:

  • Menyampaikan Informasi, berita memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi seputar kejadian ataupun peristiwa yang terjadi mulai dari peristiwa yang penting, menarik, terkini dan yang sedang menjadi perhatian masyarakat luas saat itu.
  • Membentuk Opini Publik, umumnya pendapat atau opini publik mampu mempengaruhi sebuah peristiwa ataupun isu yang sedang terangkat saat itu. Dan tidak semua opini yang dilahirkan selalu bersifat buruk, ada juga opini yang sifatnya membangun.
  • Meningkatkan Kesadaran Publik, berita yang ada dan disajikan, sedikit lebihnya memiliki pengaruh untuk meningkatkan kesadaran pada publik untuk lebih peduli atau memahami peristiwa ataupun isu – isu yang sedang diperbincangkan.
BACA JUGA :   Pengertian Kalimat Simpleks dan Kompleks

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian, jenis, ciri, unsur derta fungsi pada berita. Semoga bemanfaat dan mampu menjadi informasi tambahan untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi