Penjelasan Tentang Global Warming

Penjelasan Tentang Global Warming

Masterpendidikan.comPenjelasan Tentang Global Warming. Kita sudah sangat sering mendengar global warming atau pemanasan global tentunya, terjadi karena peningkatan suhu peremukaan bumi akibat gas emisi karbondioksida yang ditimbulkan dari aktivitas manusia. Bahkan berdasarkan observasi peneliti, pemanasan global ini sudah terjadi sejak tahun 1950an hingga kini. Namun, apakah kamu tahu apa itu global warming atau pemanasan global? Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasan dan penjelaasannya.

Apa yang Dimaksud dengan Global Warming?

Global Warming atau pemanasan global merupakan kondisi dari peningkatan suhu permukaan bumi sehingga bumi menjadi lebih panas dari tahun ke tahunnya. Menurut NASA, pemanasan global yaitu naiknya suhu permukaan bumi yang akibatkan meningkatnya kadar gas rumah kaca.

Pada laporan NASA, saat ini suhu Bumi sudah melonjak hingga 7 derajat celcius dan lebih panas jika dibandingkan dengan 5 ribu tahun silam. Bahkan NASA juga telah memprediksi akan ada kenaikan hingga 6 derajat celcius di Bumi pada abad berikutnya. Meskipun tampaknya hanya sedikit, namun pemanasan global tidak bisa dikatakan sebagai fenomena yang sepele karena bisa menyebabkan banyak bencana ekstrem dan dapat menelan banyak korban.

Penyebab Global Warming

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya global warming, seperti beberapa berikut ini:

  • Transportasi, hampir semua sistem transportasi menggunakan bahan bakar fosil dan inilah yang meningkatkan gas karbon dioksida di atmosfer yang juga memiliki konstribusi pada pemanasan global sebesar 20%.
  • Industri peternakan sapi, industri ini menghasilkan gas methana yang berasal dari kentut dan kotoran sapi. Dan ini pula yang menjadi penyebab pemanasan global karena banyaknya industri ini pada seluruh belahan dunia.
  • Industri pertanian, adanya gas nitrous oxide yang dilepaskan oleh pupuk yang digunakan dan menjadi salah satu penyebab gas rumah kaca.
  • Limbah rumah tangga, bakteri pengurai sampah dari limbah ini menghasilkan karbon dioksida dan gas methana yang tentunya menjadi penyebab pemanasan global.
BACA JUGA :   Langkah Utama Yang Harus Dilakukan Dalam Penyelidikan IPA

Dampak Global Warming

Tidak hanya pada manusia, pemanasan global juga berdampak pada kesehatan ekosistem secara sistematik, dan berikut dampak lainnya dari global warming:

  • Permukaan laut di utara menjadi meningkat karena mencairnya puncak es di sana.
  • Ekosistem terumbu karang yang terancam. Bahkan pada tahun 1998 dunia telah kehilangan 16 persen terumbu karang dari seluruh dunia.
  • Sejak tahun 1870, permukaan air laut telah meningkat 8 inci akibat dari pemanasan bumi.
  • Sekitar 97 persen ilmuwan iklim telah setuju bahwa perubahan iklim penyebabnya oleh manusia.
  • Revolusi industri telah meningkatkan keasaman permukaan air laut sekitar 30 persen.

Cara Mengatasi Global Warming

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi dan mencegah peningkatan suhu bumi, yakni:

  • Mengurangi penggunaan energi fosil.
  • Gunakan energi ramah lingkungan.
  • Mengurangi penggunaan plastik dan limbah yang tidak bisa daur ulang.
  • Menanam pohon sebanyak mungkin, hal ini mampu merngurangi karbon dioksida pada atmosfer.

Demikian sedikit ulasan mengenai Penjelasan Tentang Global Warming. Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa lebih peduli dengan alam dan bumi yang kita tinggali ini.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi