Wawancara Menggunakan Etika yang Benar

Wawancara Menggunakan Etika yang Benar

Masterpendidikan.com – Wawancara Menggunakan Etika yang Benar – Pernahkah kamu melakukan suatu wawancara? Wawancara adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi mengenai suatu hal. Wawancaraa adalah tanya jawab dengan seseorang yang ahli dalam bidang tertentu untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal. Wawancara memiliki unsur-unsur yang harus terpenuhi. Jika salah satu unsur tersebut tidak ada, wawancara tersebut tidak dapat dilakukan. Adapun unsur-unsur tersebut sebagai berikut.

Wawancara Menggunakan Etika yang Benar

  1. Pewawancara atau orang yang mencari informasi yang berkedudukan sebagai penanya.
  2. Narasumber atau informan atau orang yang diwawancarai. Dalam hal ini, narasumber atau informan berkedudukan sebagai penjawab pertanyaan atau pemberi informasi. Narasumber yang diwawancarai biasanya merupakan seseorang yang memiliki keterkaitan dengan perihal informasi yang diperlukan. Dalam hal ini, narasumber dapat berupa tokoh, ahli, atau orang biasa.
  3. Tema atau perihal yang diwawancarakan. Tema sangat berperan dalam kegiatan wawancara. Dalam hal ini, tema menjadi pokok sekaligus permbatasan hal-hal yang dibicarakan.
  4. Waktu atau kesempatan dan termpat.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berwawancara dengan narasumber sebagai berikut:

  1. Penguasaan materi, berkenaan dengan tema dan poin-poin permasalahan penting yang akan ditanyakan.
  2. Mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan informasi yang diperlukan.
  3. Mempersiapkan diri secara mental untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya grogi atau nervous.
  4. Peralatan yang diperlukan untuk berwawancara, misal alat rekam atau alat tulis.

Seseorang yang disebut sebagai narasumber adalah orang yang mengalami langsung. pejabat yang berwenang memberikan keterangan, para pakar di bidangnya, atau ketiganya Narasumber yang banyak disaksikan di tayangan televisi atau yang tertulis di koran, misalnya politisi, artis, negarawan, atlet, tokoh agamawan, budayawan, ilmuwan, sastrawan, ahli bahasa. dokter, dan profesi-profesi yang lain.

BACA JUGA :   Pengertian Bahasa, Karakteristik Bahasa dan Fungsi Bahasa

Langkah-Langkah Wawancara

Langkah pertama wawancara adalah menentukan topik wawancara. Kedua, mem moer Narasumber yang dipilih bisa dari bshatai latar belakang profesi dan disiplin limu Hal yang pertu diperhatikan bahwa narasumber vang dipilih sevogianya yang menguasai permasalana dan kaya wawasan berkaitan dengan topik wawancara. Adapun sebagai pewawancara, Kamu harus memahami etika berwawancara. Etika berwawancara sebagai berikut:

  1. Mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan.
  2. Menggunakan bahasa yang santun.
  3. Menyampaikan pertanyaan secara sistematis dan urut.
  4. Fokus pada materi wawancara.
  5. Tidak menyudutkan narasumber dan tidak membuat tersinggung.
  6. Tidak memancing pertanyaan yang menjurus pada fitnah atau mengadu domba.
  7. Bersikap objektif dan simpatik.

Demikianlah artikel tentang bagaimana wawancara yang baik dan benar serta menggunakan etika wawancara beserta langkah-langkah wawancara. Semoga bermanfaat bagi anda.

You May Also Like

About the Author: admin