Menanggapi Unsur Pementasan Drama

Menanggapi Unsur Pementasan Drama

Masterpendidikan.com – Menanggapi Unsur Pementasan Drama – Drama diartikan sebagai kisah hidup dan kehidupan yang pentas, disaksikan oleh orang banyak dengan media percakapan, gerak, dan laku dengan atau tanpa dekor (layar dan sebagainya) didasarkan pada naskah yang telah tertulis dengan atau tanpa musik, nyanyian, dan tarian. Unsur-unsur yang terdapat dalam pementasan drama sebagai berikut.

Menanggapi Unsur Pementasan Drama

  1. Naskah
    Naskah merupakan unsur utama dalam pementasan drama modern. Semua unsur pementasan drama yang digelar di atas panggung bersumber dari naskah.
  2. Seni Peran
    Berkaitan dengan kualitas pemeranan yang dilakukan oleh pemain. Kualitas pemeranan sangat ditentukan oleh kemarmpuan pemain dalam menghayati peran yang dimainkan.
  3. Tata Panggung
    Tataa pangggung sangat berperan dalam memberikan gambaran tentang latar cerita. Tataa ppanggung yang baik akan mampu menghadirkan nada dan suasana yang sesuai dengan tuntutan cerita.
  4. Tata busana atau kostum dan tata rias
    Tata busana berkaitan dengan tata rias yang digunakan oleh pemain. Penata busana harus mampu memilih busana dan tata rias yang cocok dengan karakter tokoh.
  5. Tata Music
    Berfungsi membangun suasana sehingga mampu menggiring penonton untuk menghayati cerita.
  6. Tata Lampu
    Tata lampu yang baik dalam pementasan akan mampu menghadirkan suasana yang sesuai dengan nada cerita. Sorot lampu terang, gelap, atau remang-remang akan sangat membantu penonton dalam memahami dan menghayati isi cerita.

Penonton drama yang baik tidak begitu saja menerima atau menelan segala sesuatu yang ditontonnya. la akan kritis terhadap hal-hal yang sekiranya tidak sesuai dalam pementasan lersebut la akan mengikuti adegan demi adegan, dialog demi dialog, kostum pemain, penataan cahaya, penataan musik, serta penataan suara dengan cermat. Penonton yang kritis tidak akan mudah larut dalam suasana. la akan mampu memberikan tanggapan dengan argumen yang logis terhadap pementasan tersebut.

BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Surat Kuasa Tanah

Untuk memudahkan kita dalam Menanggapi Unsur Pementasan Drama, kita bisa membuat tabel sesuai dengan aspek-aspek penilaian yang kita inginkan.

You May Also Like

About the Author: admin