Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Masterpendidikan.com – Pengertian Sistem Ekonomi Campuran – Sistem ekonomi di suatu negara biasanya ditentukan oleh gaya pemerintahan dan sejarah yang terjadi. Sistem ekonomi memengaruhi konsep dan kebijakan ekonomi yang diambil oleh suatu negara agar rakyat makmur dan sejahtera.

Begitu banyak sistem ekonomi yang ada didunia ini, seperti amerika serikat menganut sistem ekonomi liberalis atau kapitalis, negara-negara komunis seperti rusia, korea utara itu menganut sistem ekonomi sosialis, sedangkan di negara Indonesia menganut sistem ekonomi demokrasi pancasila yang berasaskan pada kekeluargaan dan gotong royong.

Setiap negara menganut sistem perekonomian yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan, kebijakan, dan badan yang terkait di dalalmnya. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pengetahuan tentang sistem ekonomi campuran.

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Adalah suatu sistem yang mencampurkan karkateristik pasar, kebijakan dan ekonomi tradisional pada tempat tersebut. Sistem ekonomi ini pun memiliki beberapa karakteristik kebijakan ekonomi pada bidang tertentu yang dianggap strategis. Hal ini dilakukan agar pemerintah mampu melindungi rakyat serta mekanisme pasar di dalamnya.

Sistem Ekonomi Campuran adalah sistem yang menggabungkan karakteristik pasar, kebijakan dan ekonomi tradisional. Sistem ini juga memiliki beberapa karakteristik kebijakan ekonomi di bidang strategis. Hal Ini dimaksudkan agar pemerintah dapat melindungi rakyat dan mekanisme pasarnya.

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Campuran

  • Pemerintah dan pihak swasta mempunyai peran aktif dan sama dalam aktivitas ekonomi (Pemerintah dan Swasta memiliki peran yang sama).
  • Sumber daya vital yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak dikuasai oleh pemerintah.
  • Jenis dan jumlah barang yang diproduksi ditetapkan berdasarkan mekanisme pasar.
  • Pihak swasta memiliki kebebasan pada batasan yang sudah ditetapkan pemerintah.
  • Perencanaan, peraturan dan penetapan kebijakan pada bidang ekonomi disusun oleh pemerintah.
  • Persaingan yang terjadi pada pasar adalah persaingan bersih yang diawasi secara langsung oleh pemerintah.
BACA JUGA :   18 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Contoh Ekonomi Campuran

Sebagian besar ekonomi modern adalah contoh sistem ekonomi campuran. Ambil ekonomi Amerika Serikat – Ini bergantung pada prinsip-prinsip kapitalis seperti kepemilikan pribadi atas properti dan individu yang membuat keputusan tentang alokasi sumber daya. Pada saat yang sama, ini memungkinkan intervensi pemerintah, seperti undang-undang anti-trust, yang memberi pemerintah kekuatan untuk memecah monopoli demi kebaikan bersama.

Akhir Kata

Pembahasan tentang sistem ekonomi campuran secara garis besar diharapkan bisa membuat para membaca paham. Semua sistem ekonomi memiliki kekurangan dan kelebihan karena tidak ada sistem ekonomi yang sempurna.

You May Also Like

About the Author: admin