Kerjasama Indonesia Dengan Negara Asean Bidang Ekonomi

Negara Asean Bidang Ekonomi

Masterpendidikan.com – Kerjasama Indonesia Dengan Negara Asean Bidang Ekonomi. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu anggota dari negara-negara yang bergabung dalam ASEAN. Yang mana setiap negara bagian asia tenggara tergabung dalam asosiasi ini.

Hingga saat ini ada banyak bentuk kerja sama yang terjalin antar negara anggota asean ini. Khususnya Indonesia, bekerja sama dengan beberapa negara asean dalam berbagai macam bidang. Dan bidang yang paling sering kita dengar yaitu kerja sama dalam bidang ekonomi.\

Untuk itu, kali ini masterpendidikan.com akan membahas mengenai hubungan kerja sama Indonesia dengan ngeara asean lainnya dalam bidang ekonomi. Berikut beberapa kerjasamanya yang sudah di bungkus dalam bentuk beberapa point.

Kerjasama Indonesia Dengan Negara Asean Bidang Ekonomi

Negara Asean Bidang Ekonomi
Negara Asean Bidang Ekonomi

Kerja sama dalam bidang ekonomi antar negara sudah menjadi kebutuhan tiap negara. Karena tidak ada satu negara pun yang mampu berdiri sendiri tanpa ada bantuan atau kerja sama dengan negara tetangganya. Berikut beberpa kerjasa sama Indonesia :

Suplai Cadangan Makanan

Setiap negara memiliki produk makanan yang berbeda untuk mereka hasilkan, hal ini karena iklim, struktur tanah dan juga kebiasaan msyarakatnya sendiri. Untuk itu, saling memberikan suplai makanan merupakan salah satu bentuk kerja sama dalam bidang ekonomi.

Karena setiap makanan yang di hasilkan sebuah negara pada anggota asean, akan mereka ekspor ke negara yang membutuhkan, begitu juga sebaliknya. Misalnya, Indonesia melakukan kerja sama dengan negara Thailand, Fhilipina, malaysia, Singapura, dalam hal penyediaan bahan pangan darurat.

BACA JUGA :   5 Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Pengadaan Proyek Industri

Setiap negara di asean memiliki tanggung jawab untuk saling memajukan setiap negara anggota mereka. Untuk itu, negara anggota asean selalu melakukan pembagian pengadaan proyek untuk setiap anggota yang sudah melakukan kerja sama. Misalnya pengadaan industri, vaksin, pupuk soda, dan masih banyak lagi.

Membuka Perdagangan Bebas

Hal ini di lakukan pada negara-negara anggota asean bertujuan untuk meningkatkan daya saing tiap negara dengan negara-negara lainnya, khususnya negara luar asean. Untuk wilayah perdagangan bebas ini di sebut dengan ” Asean free trade area ” . atau singkatannya adalah AFTA.

Afta sendiri memiliki fungsi untuk meningkatkan jumlah investasi tiap negara yang berkerja sama dalam hal perdagangan bebas. Dengan demikian, tiap negara anggota asean memiliki potensi mengembangkan diri dan meningkatkan daya saing mereka.

Demikianlah artikel mengenai Kerjasama Indonesia Dengan Negara Asean Bidang Ekonomi. Semoga informasi yang di sampaikan pada artikel ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan info yang kamu inginkan.

You May Also Like

About the Author: yudha