Pengertian, Komponen, Macam dan Fungsi Neraca Pembayaran

Pengertian Lartas Dalam Eksport Import Beserta Contoh Barangnya

Pengertian, Komponen, Macam dan Fungsi Neraca Pembayaran – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Neraca Pembayaran

Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran ialah sebuah neraca pembukuan yang menggambarkan nilai suatu jenis transaksi keuangan yang dilaksanakan oleh suatu negara dengan negara lain dalam jenjang waktu satu tahun yang diwujudkan dalam bentuk uang.

Neraca pembayaran dalam pengertian lainnya ialah suatu pandangan yang ringkas mengenai suatu transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain dalam jenjang waktu tertentu yang biasanya ialah satu tahun.

Neraca pembayaran dibagi menjadi dua bagian yakni passiva dan aktiva. Pada bagian debet (-) atau passiva akan mencatat transaksi-transaksi yang menjadikan negara melakukan pembayaran pada negara lain. Dan pada bagian kredit (+) atai passiva akan mencatat transaksi-transaksi yang menjadikan negara akan menerima pembayaran dari negara lain.

Secara umum neraca pembayaran dibagi dari negara transaksi berjalan atau yang terdiri dari neraca perdagangan, neraca jasa, dan transfer payment serta neraca lalu lintas modal dan finansial serta item finansial.

Transaksi dalam neraca pembayaran dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni:
– Transaksi kredit, ialah transaksi yang akan menjadikan mengalirnya devisa atau arus uang dari luar negeri ke dalam negeri.
– Transaksi debit, ialah transaksi yang akan menjadikan mengalirnya devisa atau arus uang dari dalam ke luar negeri.

Komponen Dalam Neraca Pembayaran

1. Balance of Trade atau Neraca Perdagangan

Berisi daftar atau neraca yang idinya perbandingan antara besarnya jumlah ekspor dengan jumlah impor dari suatu negara dalam jangka waktu satu tahun. Jika nilai ekspor lebih tinggi maka negara mengalami surplus dalam neraca perdagangan. Namun bila nilai ekspor lebih kecil dari nilai impor maka negara mengalami devisit dalam neraca perdagangan. Neraca perdagangan surplus atau biasa disebut neraca perdagangan aktif.

BACA JUGA :   4 Perbedaan Motif Ekonomi Dengan Motif Non Ekonomi Beserta Contohnya Lengkap

2. Neraca Jasa

Suatu neraca yang mencatat jasa yang diselenggarakan dan diterima dalam sebuah negara terhadap negara lain dalam jangka waktu satu tahun, Seperti jasa asuransi, pariwisata, angkutan, perbankan dan perdagangan.

3. Neraca Hasil Modal

Neraca yang mencatat semua pembayaran dan penerimaan bunga, deviden, upah tenaga kerja asing serta hadiah yang beradal dari luar negeri.

4. Monetery Account atau Neraca Lalu Lintas Moneter

Neraca yang mencatat dan memperlihatkan perkembangan atau perubahan cadangan devisa dari sebuah negara. Cadangan yang dimaksud dalam neraca ini terdiri dari devisa dan emas.

Macam-Macam Dari Neraca Pembayaran

1. Neraca Pembayaran Surplus
Ialah neraca pembayaran yang menggambarkan transaksi debit lebih kecil.

2. Neraca Pembayaran Defisit
ialah neraca pembayaran yang menggambarkan jumlah dari transaksi pembayaran luat negeri lebih besar dari transaksi penerimaan yang berasal dari luar negeri.

3. Neraca Pembayaran Seimbang
Ialah neraca pembayaran yang menggambarkan transaksi debet dengan transaksi kredit.

Fungsi Dari Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran dangat dibutuhkan oleh suatu negara karenanya sangat perlu untuk dibuat, fungsi dari neraca pembayaran antara lain:

1. Alat pembukuan suoaya pemerintah bisa mengambil keputusan yang tepat mengenai jumlah barang dan jasa yang seharusnya keluar atau masuk dalam batas wilayah suatu negara dan untuk mendapatkan suatu keterangan mengenai anggaran alat-alat pembayaran dari luar negara.

2. Alat untuk mengukur keadaan ekonomi yang memiliki hubungan dengan perdagangan international dari suatu negara. Sebagai suatu alat untuk menunjukan gambaran pengaruh transaksi luar negeri pada pendapatan nasional negara yang bersangkutan.

3. Untuk memperoleh informasi secara detail yang berhubungan dengan perdagangan luar negeri.

4. Untuk mengambil kebijakan moneter yang akan dilakukan oleh suatu negara.

BACA JUGA :   Pengertian, Contoh, Unsur dan Fungsi Lembaga Ekonomi

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Komponen, Macam dan Fungsi Neraca Pembayaran, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka