Macam-Macam Reproduksi Bakteri

Macam-Macam Reproduksi Bakteri

Macam-Macam Reproduksi Bakteri – Bakteri bereproduksi dengan cara aseksual dan seksual. Reproduksi dengan cara aseksual atau vegetatif melalui pembelahan biner atau mitosis dan reproduksi dengan cara seksual atau generatif melalui rekombinasi gen antara sel bakteri yang tidak sama.

Macam-Macam Reproduksi Bakteri
Macam-Macam Reproduksi Bakteri

1. Reproduksi Secara Aseksual atau Vegetatif

Bakteri melakukan reproduksi dengan cara membelah biner. Pembelahan biner merupakan satu sel membelah menjadi dua sel, dari dua sel menjadi empat sel, dari empat sel menjadi delapan sel dari delapan sel dari delapan sel menjadi enam belas sel dan seterusnya. Pembelahan ini terjadi secara langsung atau amitosis yaitu tidak melalui tahap-tahap tertentu seperti pada mitosis. Pada umumnya bakteri dapat membelah sekitar 1-3 Jam sekali. Seperti Escherichia Coli yang membelah dalam waktu 20 menit sekali. Dalam waktu yang cukup, jumlah sel dalam koloni akan terus bertambah dari satu generasi ke generasi. Akan tetapi pertumbuhannya akan melambat pada suatu titik tertentu yakni saat kehabisan nutrisi atau terjadi penumpukan sisa metabolisme yang meracuni bakteri itu.

2. Reproduksi Secara Seksual atau Generatif

Bakteri melakukan reproduksi dengan cara merekombinasi gen. Rekombinasi gen ialah persitiwa bercampurnya sebagian materi gen (DNA) dari dua sel bakteri yang berbeda, maka akan terbentuk DNA rekombinan. Dalam proses ini akan dihasilkan dua sel bakteri dengan materi genetik campuran dari kedua induknya. Proses ini dapat terjadi dengan cara konjugasi, transduksi dan transformasi.

a. Konjugasi

Merupakan pemindahan materi gen dari suatu sel bakteri ke sel bakteri lain dengan langsung melalui jembatan konjugasi. Pertama & kedua sel bakteri berdekatan lalu membentuk tonjolan yang menghubungkan kedua sel tersebut. Transfer kromosom ataupun plasmid akan terjadi melalui jembatan konjugasi. Sel yang mengandung materi gen rekombinan akan memisah dan membentuk dua sel bakteri yang bersifat baru. Transfer kromosom juga akan terjadi dengan pilus seks seperti yang terjadi pada Escherictila Coli.

BACA JUGA :   Pengertian Trakea

b. Transduksi

Merupakan rekombinasi gen antara dua sel bakteri dengan menggunakan virus vag. Virus vag yang sudah menginfeksi suatu bakteri dengan daur litik maupun lisoganik yang mengandung partikel DNA bakteri. Jika virus Fag tersebut menginfeksi bakteri yang lain maka terjadilah rekombinasi gen pada bakteri-bakteri yang terinfeksi Fag. Virus Fag temperat atau virus yang dapat bereproduksi dengan cara litik maupun lisogonik ialah virus yang paling cocok untuk proses transduksi.

c. Transformasi

Merupakan rekombinasi gen yang terjadi dengan cara pengambilan langsung dengan sebagian materi gen dari bakteri lain yang dilakukan oleh suatu sel bakteri. Bakteri yang mampu melakukan transformasi dengan cara Ilmiah merupakan bakteri-bakteri yang memproduksi enzim khusus, seperti Rhizobium, Bacillus, Pnenmococcus, Streptococcus dan Neisseria. Dalam teknologi rekayasa gen, bakteri yang tidak mampu melakukan tranformasi dengan alami dapat dipaksa dalam menangkap dan memasukan plasmid rekombinan kedalam selnya dengan memberikan kalsium klorida atau dengan proses kejut panas.

Itulah Macam-Macam reproduksi bakteri, Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

You May Also Like

About the Author: admin