Pengertian, Penyebab, Dampak dan Ciri-Ciri Hedonisme

Posted on

Pengertian, Penyebab, Dampak dan Ciri-Ciri Hedonisme – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Hedonisme. Apa itu Hedonisme dan Apa Dampak yang ditimbulkan Hedonisme ini. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Hedonisme

Pengertian, Penyebab, Dampak dan Ciri-Ciri Hedonisme

Hedonisme ialah pandangan hidup yang menganggap seorang akan bahagia dengan cara mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme adalah ajaran (pandangan) bahwa kesenangan atau kenikmatan itu ialah tujuan hidup Manusia.

Kata hedonisme sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu hēdonismos dari akar kata hēdonē, yang memiliki arti “kesenangan“. Paham ini berusaha menjelaskan baik apa yang memuaskan Manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri.

Orang yang menganut hedonisme ini lebih cenderung tidak ingin merasakan pahitnya hidup, dan selalu berusaha mencari kenikmatan & kebahagiaan dengan cara apapun dan mengkesampingkan orang lain.

Kebanyakan orang yang berpendapat bahwa hedonisme ini didasari oleh hawa nafsu semata. Hal ini sangat berkaitan dengan kekayaan, kepuasan seksualitas, jabatan, kebabasan dan hal lain yang berupa kesenangan dan bisa membuat orang lupa akan orang-orang disekitarnya.

Penyebab Hedonisme

Berikut ini beberapa faktor yang membuat orang menganut paham hedonisme, yaitu

1. Faktor Internal

Faktor ini merupakan utama timbulnya paham hedonisme, maksudnya faktor ini timbul dari diri sendiri. Sudah menjadi kebiasaan manusia yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah dimilikinya. Oleh karena itu akan selalu haus akan kepuasaan dan mengejar sesuatu yang dapat membuatnya selalu merasa ada diatas, tanpa melihat keadaan sekitarnya.

2. Faktor Eksternal

Faltor dari luar sanagat bermacam-macam, ada yang dari adat dan budaya luar negeri yang tersebar lewat media informasi yang semakin modern, dan banyak yang mengikutinya. Dapat juga dari orang-orang disekitar yang telah menganut hednoisme, dan secara tidak langsung akan mengikuti arusnya sehingga dapat menjadi salah satu penganut hedonisme. Sebenarnya faktor ini dapat dihindari dengan selalu mengingatkan diri dan tidak mendekati hal-hal yang dapat membuat untuk terbawa arus hedonisme.

Dampak Hedonisme

Tidak dapat dipungkiri bahwa dampak dari hedonisme ini lebih cenderung negatif. Dan berikut ini beberapa dampak yang dapat ditimbulkan dari hedonisme :

Individualsime

Orang yang menganut hedonisme akan lebih mementingkan dirinya sendiri, dan tidak memikirkan perasaan atau kepentingan orang lain.

Konsumtif

Demi membuat dirinya senang, ia akan selalu mencoba mendapatkan kesenangan atau barang yang belum tentu barang itu akan digunakan atau tidak nantinya.

Egois

Sama halnya individualis, Egois selalu melakukan hal-hal hedonisme tanpa melihat sekitar, ntah itu ada yang suka ataupun tidak.

Tidak disiplin

Hidupnya akan menjadi tidak teratur, karena yang dipikirkannya hanyalah kesenangan semata. Dan selalu menghabiskan waktunya hanya untuk kesenangan hidup.

Tidak berpikir panjang

Selalu melakukan hal-hal tanpa berpikir panjang dengan dampak yang akan ditimbulkan dari apa yang dilakukannya.

Boros

Ini adalah dampak mutlak dari hedonisme, semua kesenangan akan cenderung dengan hal-hal yang mewah, dan tentunya akan sangat menghabiskan banyak uang.

Ciri-ciri Hedonisme

Untuk melihat perilaku hedonisme pada seseorang sangatlah mudah, banyak diantara penganutnya yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka telah terjerumus kedalam paham tersebut. Dan berikut ciri-cirinya :

  • Berpikir bahwa tujuan utama dalam hidup adalah suatu kenikmatan dan kesenangan pribadi.
  • Tidak memperdulikan kepentingan dan kebahagiaan orang lain sehingga menjadi pribadi yang egois.
  • Tidak pernah merasa puas dengan hal yang telah dimiliki, baik itu harta maupun keluarga.
  • Sifat konsumtif, akan lebih mengutamakan membeli sesuatu kesenangan ketimbang kebutuhan.
  • Penganut hedonisme cenderung diskriminatif dan sombong, menilai seseorang orang berdasarkan hartanya, dan selalu merasa lebih baik dari pada orang lain.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian, Penyebab, Dampak dan Ciri-Ciri Hedonisme, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...