Pengertian Pubertas dan Pubertas Bagi Pria dan Wanita

Posted on

Pengertian Pubertas dan Pubertas Bagi Pria dan Wanita

Pengertian Pubertas dan Pubertas Bagi Pria dan Wanita – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pubertas, pubertas tentu sangat sering kita dengar, ya mungkin sebagian dari kita sudah paham apa itu Pubertas. Namun untuk lebih jelasnya serta menambah wawasan kita, silahkan simak ulasan berikut ini :

Pengertian Pubertas

Pubertas sendiri merupakan saat dimana terjadinya perubahan fisik dan mental pada anak laki-laki maupun perempuan. Perubahan ini sendiri diakibatkan adanya perubahan hormon, karenanya emosi seorang anak jadi tidak stabil, seperti cepat marah, cepat tersinggung, sering melamun, pada saat lain bisa gembira, tertawa atau menangis.

Pada masa pubertas ini seorang anak sudah mulai tertarik dengan lawan jenisnya. Dan perlu diketahui masa pubertas pada anak laki-laki dan perempuan tidaklah sama. Seorang anak Perempuan mengalami masa pubertas pada rentang usia 8-13 tahun sedangkan anak laki-laki pada rentang usia 10-15 tahun. Namun ada yang lebih dulu mengalami pubertas dan ada juga yang lebih lambat, pubertas sendiri dapat terlihat jelas pada kondisi fisik.

Pubertas Pada Wanita

Pada wanita yang mengalami pubertas dimulai dengan perkembangan payudara dan pelebaran pinggul. Perkembangan payudara bisa mulai sedini saat usia 8 tahun. Dan awal menstruasi pada wanita juga dimulai pada pubertas. Menstruasi merupakan siklus bulanan dalam bentuk penumpahan lapisan rahim pada wanita yang tidak hamil.

Pubertas menandai transisi fisik dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Hal ini biasanya terjadi pada rentang usia 10 dan 16 tahun, dengan anak perempuan memasuki tahap lebih awal dari anak laki-laki. Kedua jenis kelamin akan mengalami peningkatan yang cukup besar dalam hal tinggi badan dan berat badan selama periode ini dan memerlukan keseimbangan seperti makanan bergizi dengan kalori yang cukup untuk pertumbuhan yang optimal.

Pubertas juga biasanya berlangsung 2 hingga 5 tahun dan dapat disertai dengan turunya emosi. Perkembangan seksual selama masa pubertas diatur oleh pelepasan hormon (bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh yang mempengaruhi berbagai proses tubuh).

Adapun pusat kendali utama yang bertugas mengatur pelepasan hormon pada manusia ialah hipotalamus (kelenjar di otak), pelepasan hormon testosteron selama masa pubertas dikaitkan dengan perilaku yang akan lebih agresif pada anak laki-laki. Dan Peningkatan estrogen pada anak perempuan dan testosteron dikaitkan dengan gairah seks meningkat (libido).

Pubertas Pada Pria

Selama pubertas pada anak laki-laki, hipotalamus akan mengeluarkan hormon yang merangsang kelenjar hipofisis untuk melepaskan hormon gonadotrophic, yang terdiri atas follicle-stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH). follicle-stimulating hormone merangsang perkembangan tabung di testis di mana tempat produksi sperma terjadi dan juga terlibat dalam pematangan sperma. Dan luteinizing hormone merangsang testis untuk melepaskan testosteron.

Pada anak laki-laki, pubertas sendiri ditandai dengan pembesaran testis dan penis, terjadinya memperpanjang pita suara yang mengakibatkan suara untuk memperdalam, dan ditandai juga dengan pertumbuhan rambut kemaluan, rambut wajah , dada, dan perut.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian Pubertas dan Pubertas Bagi Pria dan Wanita, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...