Pengertian, Struktur dan Fungsi Nodus Limfa

Pengertian, Struktur dan Fungsi Nodus Limfa

Posted on

Pengertian Nodus Limfa

Nodus Limfa merupakan salah satu komponen sistem limfatik yang bentuknya seperti kacang kecil dan tersebar luas di seluruh tubuh. Nodus limfa yang satu dengan lainnya dihubunagkan oleh struktur yang disebut dengan pembuluh limfa. Nodus limfa memiliki ukuran sekitar 1-2 cm, dan pada manusia biasanya memiliki 500 – 600 nodus limfa.

Adapun fungsi utama dari nodus limfa yaitu untuk melawan infeksi. Nodus limfa juga dapat ditemukan hampir di seluruh tubuh, dan beberapa diantaranya yang dapat dilihat (contohnya tonsil) namun kebanyakan tidak bisa dilihat, dan hanya bisa diraba ketika ada infeksi pada tubuh. Bagian tubuh yang memiliki banyak nodus limfa antara lain yakni pada bagian dada, leher, ketiak, dan bagian perut.

Struktur dan Bagian Nodus Limfa

Nodus limfa sendiri dikelilingi oleh kapsul fibrosa yang terdiri atas jaringan ikat. Dua bagian utama dari nodus limfa yakni korteks dan medula. Pada korteks terdapat sel limfosit B serta sel limfosit T dan sedangkan pada medula terdapat plasma sel, makrofag dan sel limfosit T. Antara satu limfa dengan lainnya dihubungkan oleh pembuluh limfa, struktur yang mirip dengan pembuluh darah.
Nodus limfa terdiri dari empat bagian utama, dan berikut merupakan bagian – bagian nodus limfa, yaitu :

1. Kapsul Nodus Limfa

Kapsul nodus limfa merupakan bagian paling luar dari nodus limfa yang memiliki fungsi sebagai pelindung bagian dalamnya. Kapsul ini terdiri atas jaringan ikat tak beraturan dan serat kolagen tipis, yang bersama-sama membentuk struktur seperti membran.

2. Subkapsula Nodus Limfa

Subkapsula Nodus Limfa sendiri merupakan bagian dari nodus limfa yang berupa ruangan agar dapat memudahkan pergerakan cairan limfa. Subkapsula nodus limfa ini sering disebut juga dengan sinus limfa atau sinus marginal. Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam mendeteksi tahap awal tumor yang tumbuh pada nodus limfa.

3. Korteks Nodus Limfa

Korteks merupakan bagian utama yang berada setelah subkapsula. Bagian luar korteks sendiri disusun oleh sel limfosit B yang membentuk folikel. Dan sedangkan pada bagian dalam dari korteks disusun oleh sel limfosit T. Dan kedua bagian ini memiliki peran penting pada saat terjadinya infeksi.

4. Medulla Nodus Limfa

Medula sendiri merupakan bagian paling dalam dari nodus limfa yang terdiri atas pembuluh darah, saluran sinus dan struktur seperti batang berisi sel yang mensekresikan antibodi.

Fungsi Nodus Limfa

Seperti yang telah dijelaskan diawal, fungsi utama dari nodus limfa yaitu untuk melawan infeksi, Bagian utama nodus limfa juga mengandung sel darah putih yang merupajan bagian dari kekebalan tubuh. Yang dapat berfungsi untuk melawan antigen (zat asing) yang berbahaya bagi tubuh.

Dan dapat juga membantu melakukan penyaringan terhadap sampah selular, sel yang telah mati dan sel yang bisa berbahaya bagi tubuh. Adapun hasil saringan ini akan dibawa melewati pembuluh darah untuk kemudian dibuang ke luar tubuh.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Struktur dan Fungsi Nodus Limfa, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat.

Baca Juga >>>


Loading...