Pengertian, Syarat dan Cara Menyusun Dialog

Posted on

Pengertian, Syarat dan Cara Menyusun Dialog – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Dialog. Apa itu Dialog, Apa saja Syarat dan Cara Menyusunnya. Untuk menjawab rasa penasaran dari pertanyaan tersebut, silahkan simak ulasan berikut ini :

Pengertian Dialog

Yang dimaksud dengan Dialaog ialah sebuah literatur dan teatrikal yang terdiri atas percakapan secara lisan ataupun tertulis antara 2 (dua) orang atau lebih, dalam bahasa Inggris Dialog juga dieja sama yaitu Dialog. Adapun sejarah dari Dialog sendiri berasal sebagai narasi, filosofi atau lambang dedikasi yang bisa ditemukan di Literatur Yunani Kuno dan Literatur India, khususnya di temukan pada seni kuno yaitu Retorika.

Pengertian, Syarat dan Cara Menyusun Dialog

Aja juga Dialog interaktif, yang merupakan suatu percakapan yang dilakukan di TV (Televisi) atau radio yang melibatkan pendengar dan pemirsa dengan melalui komunikasi telepon. Terdapat narasumber yang telah dipilih yaitu orang yang sangat mengetahui mengenai informasi yang akan disampaikan. Yang menyaksikan ataupun yang mendengarkan dialog interaktif ini juga dapat menerima informasi yakni dengan cara mendengarkannya dengan seksama informasi tersebut, dan itulah definisi dari dialog interaktif.

Syarat-Syarat Dialog

Agar dialog menghasilkan hal yang diinginkan, maka harus memenuhi syarat-syarat dari dialog itu sendiri, yang diantaranya seperti:

  • Yang pertama, harus mengerti dengan benar makna, maksud serta tujuan dari dialog dan juga mesti memiliki kecakapan untuk melaksanakan dialog.
  • Yang kedua, harus mempunyai pendidikan maupun pengetahuan mengenai topik yang akan dijadikan bahan dialog.
  • Yang ketiga, harus memiliki kehendak yang baik untuk mencari kebenaran dalam dialog. Karena itu dalam mendengarkan suatu dialog sebaiknya harus bersikap terbuka, dan tidak berprasangka serta tidak memihak.
  • Yang keempat, harus menciptakan suasana yang damai dan tenang, serta jauh dari emosi dan rasa paling hebat. Dan harus bisa menyampaikan gagasan dengan baik, jelas dan boleh dengan semangat namun dengan nada yang enak dan bijak, serta tidak dengan nada yang emosi.
  • Yang Kelima, dalam keseluruhan dari dialog haruslah bersikap jujur, tidak manipulatif, tulus serta tidak mencari-cari kelemahan dan kekurangan rekan dialog, dan harus percaya bahwa berbagai hal yang dibahas didalam dialog tidak dimanfaatkan di luar dialog untuk tujuan lain demi keuntungan diri sendiri ataupun kelompok tertentu.
  • Dan yang Keenam, dialog dapat digunakan sebagai cara untuk langsung membahas suatu hal ataupun sebagai pendahuluan dalam pembahasan materi yang memang berat dan sulit. Adapun hal-hal yang bisa dijadikan bahan dalam dialog diantaranya yaitu meliputi berbagai macam bidang kehidupan, semacam : sosial, moral, ekonomi, budaya, politik, etika, agama dan lain – lainnya.

Cara Menyusun Dialog

Ada beberapa cara atau langkah-langkah dalam menyusun dialog yang sederhana, dan langkah-langkah tersebut diantaranya :

  • Pertama-tama, harus menentukan tema tentang apa yang nanti akan dibicarakan.
  • Menentukan tokoh yang nantinya akan terlibat didalam dialog tersebut.
  • Selanjutnya, harus menentukan posisi ataupun peran masing-masing tokoh tersebut.
  • Membuat inti (garis besar) materi tentang pembicaraan.
  • Setelah itu, menyusun dialog berdasarkan garis besar dari pembicaraan.
  • Dan terakhir memperlihatkan kaidah dari penulisan dialog dengan benar.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Syarat dan Cara Menyusun Dialog, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...