Pengertian, Karakteristik Dan Cara Membuat Ringkasan Mudah

Pengertian, Karakteristik Dan Cara Membuat Ringkasan Mudah

Posted on

Pengertian, Karakteristik Dan Cara Membuat Ringkasan Mudah – Ringkasan ialah presentasi dari kejadian atau sebuah peristiwa yang panjang yang disajikan dengan singkat atau cara yang baik untuk memotong atau memangkas dalam menyajikan hasil esai panjang dan disajikan dalam bentuk pendekatan yang singkat. Ringkasan mempunyai perbedaan dengan gambaran, walau sering disajikan untuk dua istilah namun yang sebenarnya kedua istilah ini berbeda.

Ringkasan ialah hasil dari karangan yang asli namun dalam menyajikannya harus tetap mempertahankan urutan dan rumusan aslinya dari sang pengarang. Sedangkan Ikhtisar atau gambaran ialah sebaliknya, merupakan gambaran dari pengaturan tidak memerlukan atau tidak perlu sistematis atau tidak sesuai dengan pengaturan asli dan tidak perlu untuk proporsional atau tidak perlu kontern dari semua hasil karangan itu.

Karakteristik Sebuah Ringkasan

  • Sebuah ringkasan harus mempunyai inti yang tidak menghilangkan hasil asli.
  • Di dalam ide akan dipotong untuk penjelasan yang lebih rinci.
  • Mempunyai tujuan untuk memotong hasil dari gagasan.

Cara Membuat Sebuah Ringkasan

Ringkasan tersedia dalam dua bentuk, yakni bentuk ayat atau narasi dan bentuk grafik atau skema. Ringkasan yang berbentuk hasil grafik atau skema harus mencerminkan ide yang ada dalam teks sumber.

Sebelum membuat sebuah ringkasan dalam ebntuk hasil diagram atau skema, perlu dicatat core pertama dari sumber informasi sebelum mebentuk sebuah elemen unsur skema atau grafik. Untuk melkaukan ini ada beberapa cara yang bisa digunakan sebagai pegangan atau sebagai panduan yang baik dan teratur, yakni :

1. Membaca Naskah Asli

Sebelum mebuta suatu ringkasan harus melakukan pembacaan naskah yang asli setidaknya 1 hingga 2 kali mengulang membaca untuk mendapatkan atau untuk bisa mengetahui kesan umum dan sudut pandang dari sang penulis asli.

2. Mencatat Gagasan Utama

Setelah selesai membaca naskah asli, menagkap maksud atau menulis, kesan umum dan seudt pandang dari penulis asli maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mencatat ide penting atau ide utama.

3. Mengadakan Reproduksi

Setelah semuanya dicatat pada lengkah kedua dan mendapatkan kesan umum yang diperoleh pada langkah pertama, maka penulis sudah siap untuk membuat sebuha ringkasan. Dan harus diperhatikan dari sebuah ringkasan penulis ialah seorang penulis harus bisa membuat kalimat yang baru dan merakit semua ide menjadi sebuah wacana biasa atau sebuah kebutuhan yang jelas dan penting untuk bisa diterima oleh akal sehat.

4. Kesimpulan

Ini merupakan sesuatu yang disimpulkan, menyimpulkan hasil. Kesimpulan juga bisa berarti akhir dari opini atau pendapat yang terahir dari penjelasan sebelumnya atau sebuah kesimpulan yang berasal dari cara induktif dan deduktif pemikiran.

5. Pola Penalaran Dalam Membuat Sebuah Kesimpulan

Untuk bisa mengambil sebuah kesimpulan harus menggunakan penalaran induktif dan deduktif pola. Penalaran deduktif terdiri dari sebuah silogisme dan akibatnya akan menyebabkan efek.

6. Pola Penalaran

Hal pertama dari pengungkapan hal – hal yang khusus dan selanjutnya diambil sebuah kesimpulan umum yang merupakan pola penalaran induktif generalitas, analogi, efek – sebab dan akan menyebabkan klausal.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Karakteristik Dan Cara Membuat Ringkasan Mudah, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...