Pengertian dan Macam Simbiosis Beserta Contohnya

Posted on
Rate this post

Pengertian dan Macam Simbiosis Beserta Contohnya – Simbiosis ialah interaksi antar dua organisme yang saling hidup berdampingan. Simbiosis sendiri merupakan pola interaksi yang sagat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis. Makhluk yang melakukam simbiosis dinamakan simbion.

Bentuk – Bentuk Simbiosis

1. Simbiosis Parasitisme

Parasitisme ialah dimana pihak yang satu mendapat keuntungan atua manfaat dan pihak yang satunya lagi mengalami kerugian. Simbiosis jenis ini sering terjadi pada tanaman yang ditumoangi oleh tumbuhan perdu atau tumbuhan yang merugikan. Contohnya :

  • Pohon benalu yang hidup menumpang pada tanaman lain, ia akan mengambil nutrisi dari tanaman yang ditumpangi sehingga tanaman tersebut perlahan akan mati.
  • Cacing tambang dan cacing perut yang mengambil sari – sari makanan, mereka hidup dalam usus manusia. Dalam usus kita mereka mengambil sari makanan dari makanan yang kita konsumsi.
  • Bunga bangkai atau bunga raflesia akan menyerap nutrisi makanan dari induknya.

2. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis jenis ini ialah simbiosis yang saling menguntungkan. Kedua pihak akan mendapatkan keuntungan masing – masing.

Contohnya :

  • Ikan badut akan mendapatkan perlindungan dari anemon laut dan anemon mendapatkan sisa – sisa makanan dari ikan badut.
  • Hubungan burung jalak dengan kerbau, burung jalak mendapatkan makanan yakni kutu yang ada di kerbau dan kerbau menjadi bersih karena kutu – kutu tersebut dimana oleh burung.
  • Proses penyerbukan pada bunga sepatu yang dibantu oleh lebah. Lebah akan hinggap pada bunga dan serbuk sari akan menempel pada lebah, saat lebah terbang maka serbuk sari akan terbang atau trjatuh sehingga akan menjadi tanaman baru.

3. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis jenis ini ialah simbiosis yang dimana satu pihak diuntungkan akan tetapi pihak lain tidak merasa dirugikan ataupun tidak merasa dirugikan.

Contohnya :

  • Tanaman anggrek yang menumpang pada pohon mangga. Ia tidak merugikan pohon mangga dan pohon mangga juga tidak mendapat keuntungan dari anggrek dan tidak merasa dirugikan oleh anggrek.
  • Taman paku tanduk rusa yang menumpang pada pohon jati, seperti anggrek yang menumpang pada pohon mangga.
  • Ikan Remora yang menumpang pada ikan hiu.

4. Simbiosis Kompetisi

Simbiosis jenis ini ialah dimana kedua pihak saling merugikan, umumnya terjadi dengan sebuah kompetisi untuk memperebutkan makanan. Kompetisi terbagi dalam dua jenis yakni kompetisi intraspesifik dan kompetisi interspesifik.

Contoh dari kompetisi interspesifik atau antar individu yang berbeda spesies ialah persaingan yang terjadi antara kambing dengan sapi di padang rumput, mereka saling berkompetisi untuk mendapatkan rumput yang masih segar.

Contoh kompetisi intraspesifik atau antar individu yang sejenis atau dengan spesis yang sama ialah persaingan yang terjaid antara para singa jantan untuk memperebutkan pasangan atau wilayah kekuasaan.

5. Simbiosis Netralisme

Simbiosis jenis ini ialah dimana kedua pihak tidak saling diuntungkan atau dirugikan. Hubungan antar kedua spesies tidak menyebabkan kerugian atau keuntungan untuk kedua pihak.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian dan Macam Simbiosis Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>