Pengertian, Macam , Manfaat dan Contoh Lisensi

Pengertian, Macam , Manfaat dan Contoh Lisensi

Pengertian, Macam , Manfaat dan Contoh Lisensi – Lisensi, kita semua pasti sering mendengar istilah yang satu ini. Istilah satu ini sering digunakan oleh perusahaan atau seseorang untuk bisa mematenkan sebuah produk atau merek dagangnya. Untuk bisa lebih memahami mari kita bahas bersma tentang lisensi dalam artikel kali ini.

Pengertian Lisensi

Lisensi merupakan pemberian izin untuk bisa memproduksi suatu jasa atau produk tertentu, dimana jasa atua produk tersebut sebelumnya sudah dipatenkan oleh yang pertama kali menciptakan.

Atau biasanya lisensi juga diartikan sebagai sebuah bentuk pemberian izin untuk bisa memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual, dimana bisa diberikan oleh pemberi lisensi pda penerima dengan maksud agar sang penerima lisensi bisa melakukan kegiatan usaha atau dapat memproduksi sebuah produk tertentu dengan menggunakan hak dari kekayaan intelektual yang dilisensikan tersebut.

Namun sering juga kita temukan istilah seperti perjanjian isesnsi yang bisa kita artikan sebagai perjanjian diantara dua pihak atau lebih dimana satu pihak sebagai pemilik atau pemegang sebuah lisensi bertindak untuk memberikan lisensi pada pihak yang bertindak sebagai penerima lisensi sehingga pihak pertama bisa dengan resmi atau legal memproduksi dan memasarkan jasa atau produknya.

Pihak yang memberikan lisensi dinamakan Licencor dan untuk yang menerima dinamakan License. Maka dengan tidak langsung istilah lisensi telah mengarah pada penjualan atau izin untuk bisa menggunakan hak paten dan hak untuk bisa menggunakan merek dagang.

BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Proposal Kegiatan

Sudah pasti pemegang lisensi yang telah diakui atau diberi izin oleh pemberi lisensi harus memproduksi produk dengan menggunakan bahan – bahan yang sama kecuali pada variasi agar produk yang diproduksi sesuai dengan selera konsumen dimana pemegang lisensi memasarkan.

Macam – Macam Lisensi

– Lisensi Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HKI

Salah satu jenis lisensi hak atas kekayaan intelektual, seperti lisensi pada software komputer, yang memberi lisensi akan memberikan hak pada para pengguna untuk bisa memakai software. Lisensi atas hak intelektual ini biasanya memiliki beberapa peraturan di dalamnya seperti syarat dan ketentuan, daerah penggunaan, pembaruan dan syarat – syarat lainnya yang sudah ditentukan oleh pemilik lisensi tersebut.

– Lisensi Massal

Lisensi jenis ini biasanya terdapat pada software komputer, dimana lisensi diberikan oleh pemilik lisensi pada perorangan untuk bisa menggunakan software komputer tersebut. Lisensi secara rinci umumnya tertulis dalam Und User License Agrement atau EULA yang terdpat di dalam software tersebut.

– Lisensi Merek Barang atau Jasa

Pemilik lisensi bisa memberikan lisensinya atau izin kepada seseorang atau pada perusahaan dengan tujuan agar seseorang atau perusahaan itu bisa menjual produk atau jasa dibawah pemilik lisensi merek dagang tersebut.

Dengan lisensi jenis ini maka pemakai lisensi bisa menggunakan merek jasa atau merek dagang lisensi dengan tanpa ada rasa khawatir atau takut dituntut secara hukum oleh pemilik lisensi karena sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari pemilik lisensi.

– Lisensi Hasil Karya Seni dan Karakter

Pemilik lisensi bisa memberikan izin pada seseorang atau pada perusahaan sehingga bisa menyalin dan menjual hak cipta yang didalamnya terekandung material seni dan karakter. Seperti suatu perusahaan bisa memproduksi atau memasarkan mainan dengan karakter Nobita, dalam memproduksi dan memasarkan mainan karakter ini maka sebelumnya sudah mendapatkan izin dari pencipta karakter tersebut.

BACA JUGA :   Perbedaan dari Kalimat Fakta dan Opini

– Lisensi Bidang Pendidikan

Biasanya lisensi jenis ini berbentuk gelar akademis, seperti sebuah perguruan tinggi atau universitas sebagai yang mempunyai lisensi bisa memberikan gelar pada seseorang untuk menggunakan gelar akademisnya setelah belajar atau menimba ilmu dalam jangka waktu tertentu di perguruan tinggi atau universitas tersebut atau dapat juga gelar akademis itu diberikan pada seseorang sebagai suatu bentuk penghargaan.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Macam , Manfaat dan Contoh Lisensi, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka