Pengertian Pertumbuhan Primer Dan Sekunder Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Pengertian Pertumbuhan Primer Dan Sekunder Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan

Pertumbuhan primer ialah pertumbuhan dasar yang bisa terjadi karena ektivitas pembelahan sel pada jaringan meristem. Jaringan meristem ini terdapat pada daerah titik tumbuhan primer yakni pada bagian ujung akar dan ujung batang. Di jaringan meristem terdapat bagian yang aktif membelah. Setelah proses perkecambahan maka tumbuhan akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.

Tumbuhan ini akan membentuk batang dan daun, diujung batang dan akar akan tumbuh memanjang karena aktivitas sel meristemis. Proses ini ialah pertumbuhan primer. Sel – sel ini juga berdiferentasi menjadi sel – sel yang memiliki struktur dan fungsi khusus. Tiga sistem yang terbentuk ialah :

  • Prokambium
    Lapisan di bagian dalam yang selanjutnya akan berkembang menjadi silinder pusat yaitu xilem dam floem.
  • Protoderm
    Lapisan paling luar yang membentuk jaringan epidermis.
  • Meristem dasar yang berkembangd an menjadi jaringan dasar dan mengisi lapisan korteks di bagian akar diantara epidermis dan stele.

Ujung Akar

Sel – Sel mersitem yang ada di ujung akar akan mengalami pertumbuhan yang pada awalnya akan membentuk struktur akar. Bagian yang akan cepat tumbuh terdapat di bagian belakang ujung akar. Di bagian itu ada daerah titik tumbuh yang meliputi bagian pembelahan sel, pemanjangan dan bagian pendewasaan.

Bagian Pemanjangan

Di bagian ini perkembangan sel – sel akan mengakibatkan pertambahan ukuran pada tumbuhan.

Bagian Diferensiasi

Sel – Sel yang ada di daerah ini akan mengalami diferensisasi berubah menjadi sel – sel yang mempunyai fungsi khusus.

Pertumbuhan Sekunder

yakni pertumbuhan yang disebabkan karena adanya aktivitas jaringan meristem sekunder yang terdapat ditumbuhan. Setelah meristem primer membentuk sebuah jaringan permanen maka meristem sekunder akan mengalami pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan sekunder hanay terjadi pada jenis tumbuhan dikotil, yakni pembentukan kambium yang terbentuk dari parenkim atau kolenlim.

Pada awal pertumbuhannya, kambium hanya terdapat pada jaringan ikat pembuluh yang dinamakan kambium intravaskular. Jika sel kambium ini membelah kearah luar maka akan membentuk sel floem. Seblaiknya jika sel kambium membelah ke arah dalam maka akan membentuk xilem. Keduanya ini terbentuk dari aktivitas kambium yang disebut dengan xilem sekunder dan floem sekunder.

Ketika tumbuhan mengalami perkembangan dan semakin menua maka pertumbuhan jaringan kambium akan berubah semakin besar. Ketika jaringan semakin besar maka bagian terluar di jaringan parenkim akan berubah menjadi kulit kayu.

Contoh

  • Bagian pada tumbuhan monokotil, hanay sebagian daja yang mengalami pertumbuhan sekunder yakni dari kelompok palem – paleman.
  • Bagian pada tumbuhan dikotil, ajringa meriste, sekundernya yakni kambium dan kambium gabus.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian Pertumbuhan Primer Dan Sekunder Pada Tumbuhan Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...