Ukuran Lapangan Sepakbola

Ukuran Lapangan Sepakbola

Ukuran Lapangan Sepakbola – Sepakbola merupakan olahraga paling paling bergengsi dibelahan muka bumi ini dan bisa dibilang paling populer, karena semua orang bisa memainkan nya dari semua usia & semua kalangan, selagi masih bisa berlari dan menendang.

Dalam memainkan olahraga sepakbola sangat mudah karena kita tidak membutuhkan peralatan yang banyak karena hanya membutuhkan lahan terbuka, 2 buah gawang dan 1 buah bola sepak, maka anda sudah bisa memainkannya.

Ukuran Lapangan Sepakbola
Ukuran Lapangan Sepakbola

Sebagai cabang olahraga nomor satu, tentunya sepakbola mempunyai peraturan-peraturan yang sudah disusun secara detail dan jelas oleh organisasi sepakbola dunia yaitu FIFA, selain peraturan FIFA juga telah menentukan ukuran lapangan sepakbola yang standar untuk melakukan pertandingan sepakbola. Sehingga untuk semua kompetisi di seluruh penjuru dunia sudah ada standarisasinya.

Berikut ini adalah ukuran lapangan sepakbola yang telah ditentukan oleh FIFA:

Ukuran Keseluruhan :

  • Panjang lapangan sepakbola minimum 90 – 120 meter
  • Lebar lapangan sepakbola minimum 45 – 90 meter

Sedangkan untuk pertandingan level internasional :

  • Panjang lapangan minimum 100 – 110 meter
  • Lebar lapangan minimum 64 – 75 meter

Garis tengah
Garis tengah lapangan sepakbola diletakkan tepat di tengah lapangan dan membagi lapangan menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama.

Lingkaran Tengah
Lingkaran tengah mempunyai ukuran radius 9,15 meter. Disini pertandingan sepakbola dimulai atau sering disebut dengan kick off.

Tiang Gawang
Untuk tinggi dan lebar dari tiang gawang sepak bola di desain memang begitu lebar dan termasuk sangat tinggi. Seorang kiper harus pandai membawah arah datangnya bola sehingga dapat menangkap bola dari tendangan lawan. Untuk tiang gawang ukurannya harus memiliki perbandingan 3 : 2 dan berbentuk persegi panjang, lebar dari tinggi gawang biasa nya sekitar 7-7,5 meter dengan tinggi sekitar 2,5 meter. Idealnya posisi penjaga gawang di isi oleh pemain yang berpostur cukup tinggi agar dapat menangkao bola dengan maksimal.

BACA JUGA :   Sejarah Badminton Di dunia dan Indonesia

Area Gawang
Penjaga gawang atau biasa disebut kiper memiliki area sendiri yang cukup terbatas. Area dari penjaga gawang diantaranya dengan panjang 16,5 meter dan luas sekitar 40 meter, hanya pada kotak persegi inilah seorang penjaga gawang diperbolehkan menggunakan tangan untuk mengambil bola. Jika diluar batas yang telah ditentukan maka sang kiper akan dikenakan sanki oleh waasit berupa kartu kuning.

Gol Area / Area Panjang Gawang
Daerah ini merupakan area kekuasaan penjaga gawang sehingga jika ada benturan dengan kiper maka pemain lawan akan dianggap melakukan pelanggaran.

Penalty Area
Sebuah kotak berbentuk persegi panjang yang sering disebut dengan kotak pinalti. Memiliki panjang 40 meter serta lebar 16,5 meter. Untuk melakukan tendangan pinalty jaraknya 11 meter dari gawang yang disebut sebagai titik putih.

Semua penjelasan diatas sudah merupakan standar dari FIFA. Setiap stadion sepakbola sebenarnya mempunyai ukuran lapangan yang berbeda antara stadion satu dengan stadion lainnya, namun semuanya masih di dalam range yang sudah ditentukan oleh FIFA.

Baca Juga :
Kelainan Dan Gangguan Pada Otot Manusia Dan Penjelasannya

You May Also Like

About the Author: admin