Bentuk dan Ukuran Lapangan Bola Voli

Bentuk dan Ukuran Lapangan Bola Voli

Masterpendidikan.com – Salah satu permainan bola besar yang hingga kini masih digemari banyak orang adalah voli. Permainan yang juga merupakan salah satu bentuk cabang olahraga ini juga menjadi pembahasan dalam pelajaran Penjaskes. Dan seringkali muncul pertanyaan seputar gambar lapangan bola voli beserta ukurannya. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas bentuk dan ukuran lapangan bola voli yang sering menjadi pertanyaan. Berikut ini langsung saja kamu simak ulasan dan penjelasan yang perlu kamu ketahui.

Permainan Bola Voli

Permainan bola voli merupakan salah satu permainan bola besar yang dilakukan oleh dua regu dengan setiap regunya terdiri dari 6 orang anggota. Sama seperti permainan bola lainnya, permainan bola voli juga dilakukan di lapangan yang memiliki bentuk dan ukuran sendiri. Permainan yang diciptakan oleh William George Morgan ini awalnya merupakan permainan Mintonette yang kemudian dikembangkan menjadi bola voli.

Perlengkapan Permainan Bola Voli

Perlengkapan Permainan Bola Voli

Seiring berjalannya waktu, perubahan pun terjadi dari peraturan dan peralatan. Berikut ini perlengkapan permainan bola voli berdasarkan standar internasional.

  • Lapangan bola voli dengan ukuran 18 x 9 meter.
  • Net
  • Bola
  • Jersey
  • Sepatu
  • Elbowad
  • Kneepad

Untuk lapangan, net dan bola merupakan peralatan wajib, sedangkan untuk jersey, sepatu, elbowad dan kneepad hanya dibutuhkan saat pertandingan resmi.

Bentuk dan Ukuran Lapangan Bola Voli

Umumnya lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dan memiliki standar ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Untuk ukuran 18 meter tersebut terbagi lagi menjadi 2 untuk tiap tim dengan garis tengah atau net, jadi setiap tim bermain pada area 9 x 9 meter. Pada dekat net ada garis putih yang menunjukkan batas area serang dengan panjang 3 meter. Bentuk dan ukuran lapangan bola voli tersebut berdasarkan aturan internasional FIVB atau Federation Internationale de Volleyball.

BACA JUGA :   Cara Menggunakan Google Form

Akhir Kata

Demikianlah ulasan terkait bentuk dan ukuran lapangan voli yang perlu kamu ketahui. Kamu juga bisa mampir ke Info Edukasi untuk informasi permainan olahraga lainnya seperti sepak bola ataupun sepak takraw. Semoga postingan kali ini bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi