Hiking adalah Olahraga

Hiking adalah Olahraga

Masterpendidikan.com Hiking adalah kegiatan diluar ruangan (outdoor) yang dianggap sebagai olahraga. Hiking yang dalam bahasa Indonesianya berarti mendaki, adalah menempuh perjalanan panjang yang selalu bertujuan untuk pergi kepuncak gunung.

Olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, baik dilakukan di dalam ruangan maupun di alam terbuka. Namun, berolahraga di alam terbuka menawarkan keuntungan lebih, yaitu memberi pengaruh baik untuk kesehatan mental. Hal ini karena berolahraga di alam terbuka memungkinkan kamu untuk menghirup udara segar dan menikmati pemandangan alam yang hijau, sehingga dapat memberi ketenangan dan kejernihan pikiran. Selain itu, beberapa jenis olahraga alam yang ekstrem juga dapat melatih keberanian dan memicu adrenalin. Dijamin, kamu akan merasa lebih segar dan bersemangat setelah berolahraga.

Manfaat Olahraga Hiking Tak Hanya Berikan Udara Segar

Tak perlu takut, aktivitas ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik tua dan muda serta pemula. Dengan syarat, persiapannya juga matang.

Manfaat hiking untuk tubuh dan pikiran

Meski lebih mudah daripada climbing ataupun mendaki gunung, hiking memiliki manfaat yang sama sekali tidak sepele. Apa saja manfaat hiking?

  • Menurunkan kadar gula darah.
  • Memperkuat inti tubuh.
  • Meningkatkan kepadatan tulang.
  • Menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
  • Membantu dalam mengelola gula darah.
  • Menjaga fungsi otak.

Manfaat Hiking lainnya selain di atas adalah Membuat mood lebih berwarna. Dapat meningkatkan suasana hati atau mood. Saat hiking, Anda keluar dari hiruk-pikuk keseharian yang membuat stres dan menyatu dengan alam. Ini akan memberikan efek meditatif yang menenangkan.

Pada dasarnya, tiap jenis olahraga akan meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Hormon ini terkait dengan rasa sejahtera dan bahagia. Karena itu, tak salah jika serotonin sering disebut sebagai ‘happy hormone’.

BACA JUGA :   Perkembangan Janin Usia Lima Bulan

Penutup

Hiking sendiri termasuk olahraga yang cukup murah dan mudah untuk dilakukan mengingat olahraga ini bisa dilakukan di alam terbuka yang cukup mudah dicapai. Dengan adanya berbagai kebaikan yang ditawarkan olahraga ini, kita bisa mencoba untuk melakukan olahraga ini meskipun cukup melelahkan.

You May Also Like

About the Author: admin