5 Macam Motif Ekonomi dan Contohnya Lengkap

5 Macam Motif Ekonomi dan Contohnya Lengkap

5 Macam Motif Ekonomi dan Contohnya Lengkap – Kesempatan kali ini kita akan membahas Macam-macam motif ekonomi. Motif ekonomi seseorang saat melakukan tindakan ekonomi tidak hanya didorong oleh satu keinginan akan tapi didorong oleh banyak keinginan. Dan adapun macam-macam motif ekonomi yang mendorong manusia untuk melakukan berbagai aktivitas dan silahkan simak ulasan berikut ini.

5 Macam Motif Ekonomi dan Contohnya Lengkap

Macam-Macam Motif Ekonomi Dan Contohnya Lengkap

1. Motif dalam memenuhi kebutuhan. Motif dalam memenuhi kebutuhan ini merupakan tindakan manusia didorong oleh hasrat ingin memenuhi kebutuhan. Dan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, setiap orang harus memiliki kebutuhan, baik itu berupa barang maupun jasa yang harus dipenuhi. Dan biasanya kebutuhan tersebut sifatnya tidak terbatas, dan sedangkan alat pemuasnya terbatas. Dan Oleh sebab itu, setiap orang harus dengan perhitungan yang cermat serta matang supaya mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. Dan Kecenderungan manusia ialah senantiasa mencapai kemakmuran bagi kehidupannya. Kemakmuran sendiri dapat diartikan sebagai kondisi dimana manusia dapat memenuhi sebagian besar kehidupannya. Dan berikut ini contohnya: seseorang bekerja keras untuk mendapatkan uang yang nantinya uang itu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari.

2. Motif memperoleh laba. Motif ini merupakan segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi untuk mendapatkan laba. Seseorang memenuhi kebutuhan hidupnya dilatarbelakangi oleh motif atau harapan untuk bisa mendapatkan laba / keuntungan. Motif ini sendiri merupakan dorongan yang timbul dengan tujuan untuk memperoleh tambahan manfaat, baik itu berupa uang maupun barang. Dengan mendapatkan keuntungan akan diharapkan kekayaan seseorang dapat bertambah & ia dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya secara lebih baik. Dan sebagai contohnya: seorang pedagang buah menjual buah yang kualitasnya baik dengan harga relative murah & melayaninya dengan sangat ramah. Banyak orang yang membeli sehingga ia mendapatkan keuntungan yang banyak.

BACA JUGA :   Pengertian Lartas Dalam Eksport Import Beserta Contoh Barangnya

3. Motif mendapatkan kekuasaan ekonomi. Motif merupakan keinginan manusia yang sudah makmur, tetapi masih melakukan tindakan ekonomi karena dorongan untuk memperoleh kekuasaan diberbagai kegiatan usaha dalam perekonomian. Dan sebagai Contohnya: di suatu kelurahan sedang terjadi pemilihan lurah baru. Pak Wibowo merupakan salah seorang calon lurah, Ia memodali perbaikan jalan yang rusak dikampungnya, dan menyelenggarakan pengobatan gratis kepada masyarakat di kampungnya dengan harapan dalam pemilihan kepala desa nanti, serta ia mendapat dukungan dari masyarakat sekitar.

4. Motif mendapatkan penghargaan. Motif ini merupakan tindakan manusia yang didorong untuk mendapatkan penghargaan. Penghargaan dari orang lain akan memberikan kepuasaan tersendiri bagi pelaku kegiatan ekonomi. Penghargaan yang dimaksud bukan sekedar mendapat pujian atau piagam tetapi juga ingin status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar. Dan sebagai Contohnya: ada seorang manager atau pengusaha tetap melakukan kegiatan ekonomi dengan kerja keras walaupun keuntungan & kemakmuran sudah diraihnya. Hal ini juga dilakukan agar ia tampil sebagai manager yang handal & disegani. Prestasi tersebut tidak jarang membuahkan penghargaan dari pemerintah maupun kalangan pengusaha. Misalnya manager tersebut digolongkan kedalam Top Manager versi sebuah majalah ekonomi & perusahaan yang dikelolanya menerima penghargaan dari pemerintah.

5. Motif sosial. Motif ini merupakan segala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan suatu tindakan ekonomi karena ingin menolong sesama. Manusia sendiri merupakan makhluk ekonomi sekaligus makhluk sosial. Selain memperhatikan kepentingan diri sendiri, manusia juga perlu dan harus peduli terhadap sesamanya. Motif sosial sendiri merupakan dorongan bahwa dengan tindakan ekonomi yang dilakukannya dapat memberikan manfaat atau keuntungan bagi orang lain. Dan sebagai Contohnya: seseorang sudah suskses dengan usahanya lalu ia membangun sebuah yayasan untuk panti jompo dan anak yatim.

BACA JUGA :   17 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Itulah sekilas ulasan tentang Macam Macam Motif Ekonomi Dan Contohnya Lengkap, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

You May Also Like

About the Author: admin