Pengertian Barium Hidroksida dan Rumus Kimia Barium Hidroksida

Pengertian Barium Hidroksida dan Rumus Kimia Barium Hidroksida

Pengertian Barium Hidroksida dan Rumus Kimia Barium Hidroksida – Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang salah satu senyawa kimia yaitu Barium Hidroksia. Sebelum langsung ke pokok pembahasan kita akan mengulas terlebih dahulu. Apa itu Barium?. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Barium

Barium merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Ba dan nomor atom 56. Contoh kristal yang dihasilkan dari Barium antara lain yaitu Barium sulfat (BaSO4) dan contoh basa yang mengandung Barium antara lain yaitu Barium hidroksida (Ba(OH)2).

Pengertian Barium Hidroksida dan Rumus Kimia Barium Hidroksida

Barium ialah logam putih berwarna perak yang ditemukan di alam. Senyawa barium sendiri dapat diproduksi oleh industri, seperti industri minyak dan gas dalam membuat lumpur pengeboran. Barium juga dipergunakan untuk membuat cat, kaca, batu bata, ubin, dan karet dari barium sulfat. Selain itu, barium juga digunakan oleh dokter dalam melakukan tes medis dan pengambilan foto sinar-x. Barium sendiri masuk ke dalam udara selama proses pertambangan, pemurnian, produksi senyawa barium, dan dari pembakaran batubara serta minyak. Ada beberapa senyawa barium yang mudah larut dalam air dan ditemukan di danau atau sungai.

Pengertian Barium Hidroksida

Barium Hidroksida merupakan kristal monoklinik yang tidak berwarna, meleleh pada suhu 78 drajat Celcius, larut dalam air, tidak larut dalam aseton; digunakan dalam penyabunan lemak dan peleburan silikat.

Barium hidroksida digunakan untuk menghilangkan sulfat ion dari hewan dan minyak nabati, industri solusi, serta digunakan juga dalam menyiapkan cesium dan rubidium hidroksida sebagai komponen pelumas.

Barium hidroksida sendiri memiliki berbagai sifat, termasuk alkali. Hal ini dipergunakan dalam industri minyak dengan membuat aditif minyak. Selain itu, hidroksida seperti sempurna memanifestasikan dirinya sebagai aditif minyak, jadi, sekarang itu didasarkan dengan memproduksi sejumlah produk sejenis. Non-ferrous metalurgi dan industri kimia barium hidroksida digunakan dalam fasilitas produksi mereka. Banyak juga digunakan sebagai pereaksi dalam SO42- dan CO32-, pemurnian lemak hewan dan minyak nabati, sebagai komponen pelumas, serta menghapus SO42- dari solusi industri.

BACA JUGA :   Pengertian Asam Laktat dan Rumus Kimia Asam Laktat

Rumus Kimia Barium Hidroksida

Seperti yang telah dijelaskan pada pengertian Barium. Barium Hidroksida memiliki rumus kimia : Ba(OH)2

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Barium Hidroksida dan Rumus Kimia Barium Hidroksida, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka