Pengertian, Fungsi dan Contoh Katalis (Katalisator) Beserta Sifat Enzim Sebagai Biokatalisator

Pengertian, Fungsi dan Contoh Katalis (Katalisator) Beserta Sifat Enzim Sebagai Biokatalisator – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Katalisator, apa itu katalisator. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasannya dibawah ini :

Pengertian Katalis (Katalisator)

Pengertian, Fungsi dan Contoh Katalis (Katalisator) Beserta Sifat Enzim Sebagai Biokatalisator

Katalis atau Katalisator merupakan Reaksi-reaksi yang berlangsung didalam tubuh makhluk hidup yang bekerja secara optimal pada suhu 30 derajat celcius dalam suhu ruang, contoh misalnya pada suhu tubuh tumbuhan. Sedangkan pada tubuh hewan homoitermis akan berlangsung pada suhu 37 derajat celcius. Pada suhu ini proses oksidasi akan berjalan dengan lambat. Agar reaksi-reaksi dapat berjalan lebih cepat maka diperlukan katalisator.

Katalis

Definisi lain Katalis yaitu suatu zat yang mempercepat laju reaksi-reaksi kimia pada suhu tertentu, dengan tanpa mengalami perubahan atau digunakan oleh reaksi itu sendiri. Katalisis merupakan suatu katalis yang memiliki peran dalam reaksi tapi bukan sebagai pereaksi ataupun produk. Katalisator juga Merupakan zat yang bisa mempercepat reaksi namun zat tersebut tidak ikut bereaksi.

Fungsi Katalis

Katalis memiliki fungsi untuk mempercepat jalannya reaksi dengan menurunkan energi aktivasi.

Enzim Katalase

Dalam sel makhluk hidup, reaksi-reaksi kimia bisa berlangsung dengan cepat, hal ini karena adanya katalisator hidup atau biokatalisator yakni Enzim.

Enzim sendiri merupakan biokatalisator, yang artinya enzim merupakan zat yang bisa mempercepat reaksi biologi tanpa harus mengalami perubahan struktur kimia. Enzim juga merupakan protein yang bermolekul besar dengan bobot molekul hingga mencapai ribuan. Dan Enzim juga merupakan pengatur suatu reaksi, dan dibawah ini ialah contoh dari reaksi yang diatur oleh enzim :

BACA JUGA :   Pengertian Barium Hidroksida dan Rumus Kimia Barium Hidroksida

Pengertian, Fungsi dan Contoh Katalis (Katalisator) Beserta Sifat Enzim Sebagai Biokatalisator

Enzim katilase merupakan suatu senyawa makromolekuler sebagai katalis dalam aktifitas reaksi tertentu yang terjadi pada tubuh organisme. Adapun bahan tempat enzim bekerja disebut juga dengan substrat. Dalam contoh reaksi di atas substratnya adalah maltosa. Bahan atau materi baru yang dibentuk sebagai hasil reaksi disebut dengan produk. Dalam contoh reaksi diatas hanya ada satu produk yaitu glukosa. Enzim yang mengkatalisis tersebut ialah maltase.

Reaksi Dua Arah

Reaksi tersebut bisa juga berlangsung ke arah sebaliknya. Atau dengan kata lain reaksinya terjadi dua arah “reversible”, maltosa dapat berubah menjadi glukosa dan begitu juga sebaliknya yaitu glukosa juga dapat berubah menjadi maltosa. Adapun Enzim yang bekerja di kedua reaksi ini ialah maltase.

Dan apabila terdapat maltosa yang lebih banyak dari pada glukosa, reaksi akan berlangsung dari kiri ke kanan. Dan begitu juga sebaliknya terjadi jika glukosa terdapat lebih banyak dari pada maltosa, maka reaksi akan berlangsung dari kanan ke kiri.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Fungsi dan Contoh Katalis (Katalisator) Beserta Sifat Enzim Sebagai Biokatalisator, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka