Pengertian Kalsium Hidroksida dan Rumus Kimia Kalsium Hidroksida

Pengertian Kalsium Hidroksida dan Rumus Kimia Kalsium Hidroksida

Pengertian Kalsium Hidroksida dan Rumus Kimia Kalsium Hidroksida – Di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Senyawa Kimia Kalsium Hidroksida. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Kalsium Hidroksida dan Rumus Kimia Kalsium Hidroksida

Pengertian dan Rumus Kalsium Hidroksida

Kalsium hidroksida merupakan senyawa kimia dengan rumus kimia Ca(OH)2. Kalsium hidrokida sendiri bisa berupa kristal tak berwarna atau bubuk putih. Kalsium hidroksida dihasilkan dari reaksi kalsium oksida (CaO) dengan air. Senyawa ini juga bisa dihasilkan dalam bentuk endapan melalui pencampuran larutan kalsium klorida (CaCl2) dengan larutan natrium hidroksida (NaOH). Dalam bahasa Inggris, kalsium hidroksida ini dinamakan slaked lime, atau hydrated lime (kapur yang di-airkan). Nama mineral Ca(OH)2 ialah portlandite, karena senyawa ini dihasilkan dengan melalui pencampuran air dengan semen Portland. Suspensi partikel halus kalsium hidroksida dalam air yang disebut juga milk of lime (Bahasa Inggris : milk = susu, lime = kapur). Larutan Ca(OH)2 disebut air kapur yang merupakan basa dengan kekuatan sedang. Larutan tersebut bereaksi hebat dengan berbagai asam, dan bereaksi dengan banyak logam dengan adanya air. Larutan tersebut jadi keruh bila dilewatkan karbon dioksida, karena mengendapnya kalsium karbonat. Pada 512°C, kalsium hidroksida pun terurai menjadi kalsium oksida dan air.

Penjelasan Lainnya

Kalsium hidroksida ialah suatu bahan yang bersifat basa kuat dengan pH 12-13 (Castagnola & Orlay, 1956: 33). Bahan juga ini sering digunakan pada direct pulp capping. Bila diletakkan kontak dengan jaringan pulpa, bahan ini akan dapat mempertahankan vitalitas pulpa tanpa menimbulkan reaksi radang, dan bisa menstimulasi terbentuknya batas jaringan termineralisasi atau jembatan terkalsifikasi pada atap pulpa atau pulpa yang terbuka (Sikri dan Dua, 1985; de Queiroz dkk, 2005). Sifat bahan yang alkali inilah yang banyak memberikan pengaruh pada jaringan. Bentuk terlarut dari bahan ini nantinya akan terpecah menjadi ion-ion kalsium dan hidroksil (Castagnola & Orlay, 1956: 33)

BACA JUGA :   Ciri-Ciri Morfologi Bakteri Staphylococcus Aureus

Kegunaan

Karena kekuatan sifatnya yang basa, kalsium hidroksida banyak dipergunakan sebagai :

  1. Sebagai Flocculant pada air, pengolahan limbah, serta pengelolaan tanah asam atau mengurangi keasaman pada tanah asam atau tanah pembusukan
  2. Sebagai Bahan alkali untuk menggantikan natrium hidroksida
  3. Sebagai Pereaksi kimia untuk Menguntungkan pertumbuhan beberapa jenis tanaman.

Itulah sekilas tentang Pengertian Kalsium Hidroksida dan Rumus Kimia Kalsium Hidroksida, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka