Pengertian Kalsium Karbonat dan Rumus Kimia Kalsium Karbonat

Pengertian Kalsium Karbonat dan Rumus Kimia Kalsium Karbonat

Pengertian Kalsium Karbonat dan Rumus Kimia Kalsium Karbonat – Artikel kali ini akan membahas tentang Kalsium Karbonat. Apa sih Kalsium Karbonat? Jika anda penasaran silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian dan Rumus Kalsium Karbonat

Kalsium karbonat adalah senyawa kimia penting yang terdiri dari satu atom kalsium terikat pada satu atom karbon dan tiga atom oksigen. CaCO3 ialah rumus kimia dari kalsium karbonat. Kalsium karbonat ialah bahan yang biasa di jumpai pada batu yang terdapat di seluruh bagian dunia, juga merupakan bahan utama dari cangkang organisme laut, boa arang, mutiara, siput dan kulit telur.

Pengertian Kalsium Karbonat dan Rumus Kimia Kalsium Karbonat

Senyawa ini merupakan bahan aktif dalam kapur pertanian dan tercipta jika ion Ca dalam airkerasbereaksi dengan ion karbonat dan menciptakan limescale. Biasa di gunakan dalam dunia pengobatan sebagai tambahan kalsium atau sebagai antasida namun jika di konsumsi berlebihan maka akan menimbulkan bahaya. kalsium karbonay juga biasa di kenal dengan nama batu kalsit, argonit, kapur, batu kapur dan marmer. Sementara semua itu mengandung substansi yang sama, mempunyai proses yang berbeda yang menjadi dasar pembentukannya masing – masing. Senyawa ini di gunakan dalam produksi semen dan mortir, kapur, juga dalam industri baja, kaca dan sebagai batu hias.

Biasanya kalsium karbonat terlihat seperti bubuk putih atau batu. CaCO3 akan mendesis dan melepaskan karbon dioksida saat terjadi kontak dengan asam kuat, seperti saat berinteraksi dengan klorida. Saat kaorbon dioksida dilepaskan maka yang tersisa ialah kalsium oksida atau CaO yang biasa kita sebut kapur. Saat kelsium karbonat bercampur dengan air jenuh dan karbon dioksida dan membentuk senyawa larut, kalsium karbonat. Proses ini jika terjadi di bawah tanah maka akan membentuk gua dengan reaksi CaCO3 + CO2 + H2O ? Ca (HCO3)2

BACA JUGA :   20 Contoh Limbah Organik

Senyawa ini akan menjadi marmer saat sangat padat dan melalui proses pemanasan di bawah permukaan bumi. Di dalam gua ketika di bubarkan oleh sebuah mekanisme kimia di atas maka menciptakan speleothem megah, yakni formasi gua seperti staagtit, stalagmit, turai dan lain sebagainya. terdapat banyak formasi mineral dengan karakteristik senyawa ini, akan tetapi salah satu bentuk yang paling umum ialah scalenohedron atau Dogtooth Spar karena bentuknya yang mirip dengan gigi taring pada anjing.

Dalam bentuk batu kalsit, senyawa ini mempunyai sifat optik yang menarik, ia akan melakukan pembiasan ganda. Ini terjadi saat cahaya memasuki kristal dan sinar terbagi menjadi kecepatan lambat dan cepat. Saat seorang pengamat meneliti dengan melihat kristal tersebut, ia melihat dua gambar di balik kristal itu.

Senyawa ini empunyai sifat yang tidak biasa dengan lainnya, seperti pada tribolumnescence dan fluoresensi. Ini artinya, jika di kombinasi dengan sedikit mengan dan di taruh di bawah lampu UV maka akan bersinar merah terang. Daalm kondisi tertentu bahkan cahaya akan tetap saat sinar UV telah di hapus.Triboluminescence ialah sifat yang menunjukan cahaya saat potongan kristal di pukul satu sama lain, ini akan lebih sulit untuk di praktekan namun telah tercatat.

Itulah sekilas tentang Pengertian Kalsium Karbonat dan Rumus Kimia Kalsium Karbonat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

Baca Juga >>>

BACA JUGA :   Pengertian Asam Askorbat dan Rumus Kimia Asam Askorbat

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka