Pengertian Natrium Klorida dan Rumus Kimia Natrium Klorida

Pengertian Natrium Klorida dan Rumus Kimia Natrium Klorida

Pengertian Natrium Klorida dan Rumus Kimia Natrium Klorida – Kali ini pembahasan kita adalah tentang Natrium Klorida. Tak usah berlama-lama silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian dan Rumus Natrium Klorida

NaCl atau natrium klorida ialah senyawa penting yang di perlukan oleh tubuh yang di kenal sebaga garam dapur. Walau natrium klorida termasuk penting dan perlu di konsumsi tubuh namun hanya perlu di konsumsi dalam jumlah sedikit untuk menyuplai tubuuh dengan elektrolit dan membantu otot agar rileks.

Jika di konsumsi dalam jumlah besar maka senyawa ini akan menyebabkan masalah pada kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau hypertensi. Senyawa ini di temukan dalam banyak produk maka sering kita tidak sadar telah mengkonsumsi terlalu banyak. Daging asap, saus, bumbu instan, makanan olahan dan makanan ringan lebih banyak mengandung natrium klorida yang tinggi. Kita lebih sering menemui natrium klorida dalam bentuk kristal yang di sebut garam dapur.

Pengertian Natrium Klorida dan Rumus Kimia Natrium Klorida

Penggunaan yang tepat akan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, Natrium klorida merupakan komponen yang oenting dari semua cairan tubuh termasuk dalam darah. Ntrium klorida sering di temukan di dalam minuman kebugaran sebagai elektrolit. Ini memungkinkan yransmisi sinyal listrik antar syaraf. Sebagai alasan, Senyawa ini membantu dalam relaksasi otot. NAtrium klorida mempunyai peran penting dalam penyerapan nutrisi di dalam sel.

Jarang sekali di temui seseorang dengan keluhan kekurangan natrium klorida . Kasus kekurangan natrium klorida menjadi kasus yang sangat langka, ini akan menyebabkan kram otot. Kondisi seperti ini umumnya terjadi pada iklim yang sangat panas atau sesaat setelah latihan fisik berat. Umumnya di tandai dengan berbagai gejala seperti pingsan, sakit kepala, muntah, mual, kram otot, pusing, atau kombinasi dari seluruh gejala tersebut.

BACA JUGA :   Pengertian Kalsium Fosfat dan Rumus Kimia Kalsium Fosfat

Dalam kondisi lain di kenal dengan nama hiponatremia yang menyebabkan gejala yang sama, nemun jika kasus sudah ekstrim maka akan menimbulkan kejang, koma, kerusakan otak dan kematian. ini terjadi karena natrium keluar dari tubuh karena asupan cairan yang berlebihan. Beberapa atlet dan pelari marathon beresiko mengalami gangguan ini.

Sebelum adanya lemari pendingin, natrium klorida di gunakan sebagai bahan pengawet, walau begitu penggunaan natrium klorida masih banyak di gunakan dalam minuman soda dan makanan moderen yang tergolong instan. Saat diet, kelebihan garam akan menyebabkan meningkatnya resiko tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali akan memicu penderita terkena stroke dan penyakit jantung.

Penderita ginjal dan seorang bayi sering di anjurkan untuk membatasi dalam asupan garam dari makanan. Gangguan yang terjadi pada ginjal akan menyebabkan kelebihan garam tidak bisa di keluarkan dari dalam tubuh dengan sempurna oleh urin. Dengan diet rendah lemak dan tinggi kalium di ketahui dapat membantu mengontrol kadar natrium, walau hal ini bukan sebagai pengganti pembatasan konsumsi garam yang berlebih.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Natrium Klorida dan Rumus Kimia Natrium Klorida, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

BACA JUGA :   Teknik Lompat Tinggi

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka