Pengertian Tumbuhan Monokotil Beserta Ciri dan Contohnya

Pengertian Tumbuhan Monokotil Beserta Ciri dan Contohnya

Pengertian Tumbuhan Monokotil Beserta Ciri dan Contohnya – Tumbuhan monokotil atau tumbuhan dengan biji keping tunggal ialah salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang dengan klasik diajarkan, kelompok lain ialah tumbuhan biji berkeping dua atau dikotil.

Ciri dari tumbuhan monokotil ialah bijinya yang tunggal karena hany memiliki satu daun lembaga, berakar serabut, daun berseling, biji berkeping satu, tulang daun yang sejajar dan berbentuk seperti pita.

Kelompok tumbuhan ini diakui sebagai takson atau kelas atau subkelas pada berbagai sistem klasifikasi tumbuhan dan mendapat banyak sebutan seperti Lilidae, Monocotyledoneae dan Liliopsida.

Tumbuhan monokotil berdasarkan analisis dari Filogini diketahui bersifat monofiletik atau holofilentik. Monokotil diakui sebagai kelas yang disebut dengan monocots dalam Sistem Klasifikasi APG II.

Ciri utama dari tumbuhan monokotil ialah akar berbentuk serabut, batang yang beruas – ruas, tidak memiliki kambium dan memiliki satu keping lembaga atau kotiledon.

Pengertian Tumbuhan Monokotil Beserta Ciri dan Contohnya

Ciri tumbuhan monokotil berdasarkan ciri fisik pembeda:

1. Bentuk Akar Mempunyai sistem akar serabut
2. Jumlah keping biji atau kotiledon satu buah
3. Bentuk pola tulang daun atau sumsum Melengkung atau sejajar
4. Kaliptrogen atau tudung akar Ada tudung akar atau kaliptra
5. Kandungan akar dan batang Tidak terkandung kambium
6. Pertumbuhan akar dan batang Tidak dapat tumbuh berkembang menjadi besar
7. Jumlah kelopak bunga biasanya adalah kelipatan tiga
8. Pelindung akar dan batang lembaga Ditemukan pada batang lembaga atau koleoptil dan akar lembaga atau keleorhiza

Contoh Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil terdiri dari beberapa famili dan berikut famili yang ada beserta contohnya

BACA JUGA :   Pengertian, Komponen, dan Macam-Macam Ekosistem

1. Amaryllidaceae

Cotohnya kantala atau Agave cantala dan sisal atau Agave sisalana.

2. Liliaceae

Contohnya kembang telang atau Gloria superba dan lilia gereja atau Lilium longiflorum.

3. Zingiberaceae

Contohnya jahe atau Zingiber officinale, laos atau Alpinia galanga, kencur atau Kaempferia galanga dan kunyit atau Curcuma domestika.

4. Poaceae

Contohnya jagung atau Zea mays, cantel atau Andropogon sorghum, padi atau Oryza sativa dan jewawut atau Panicum melliacdeum.

5. Orchidaceae

Contohnya anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis dan Dendrobium phalaenopsis.

6. Musaceae

Contohnya pisang atau Musa paradisiaca dan pisang manila atau Musa textiles.

7. Araceae

Contohnya sente atau Alocasia macroriza, talas atau Colocasia esculenta dan bentul atau Xanthosoma violaceum.

8. Arecaceae

Contohnya kelapa sawit atau Elaeis guinensis, aren atau arange pinata, kelapa atau cocos nucifera dan pinang atau areca cetechu.

Contoh tumbuhan monokotil secara garis besar dibagi dalam lima suku, yakni:

1. Graminaeae atau suku rumput – rumputan

Suku ini memiliki daun berbentuk pita dan bertulang daun sejajar. Daun suku ini melekat langsung pada batang yakni pada tiap ruas batangnya. Bunga pada suku ini berupa bulir dan penyerbukannya dibantu oleh angin. Contohnya padi, rumput, tebu dan jagung.

2. Orchidaceae atau anggrek – anggrekan

Umunya suku ini hidup dengan menempel pada tumbuhan lain, Akar pada suku ini berupa akr rimpang dan memiliki sel khusus yang berguna untuk menempel pada tumbuhan yang ditumpanginya. Daunnya berdaging dan tepinya rata. Kelopak dan mahkota bunganya masing – masing berjumlah tiga buah. Contohnya Vanili dan berbagai macam anggrek.

3. Musaceae atau pisang

Suku ini berbentuk seperti lanset dan tulang daunnya menyirip. Batang pada suku ini merupakan batangs semu, bunganya berbentuk karangan bunga. Karangan bunga terdiri atas banyak bunga. uku ini terdiri dari berbagai jenis dan umumnya diambil buahnya. Cotohnya Berbagai jenis pisang.

BACA JUGA :   Rumus Kimia Minyak Goreng

4. Zingiberaceae atau jahe – jahean

suku ini memiliki batang yang tumbuh dari rimpang. Rimpang pada tumbuhan ini tumbuh menjalar dalam tanahy. Daun pada suku ini memiliki pelepah yang memeluk batang dan letak daunnya berseling atau tersusun spiral. Mahkota pada bunga suku ini berjumlah tiga dan kelopak bunganya berbentuk tabung. Contohnya kunyit, jahe, kencur dan bunga tasbih.

5. Palmae atau pinang – pinangan

Biasanya suku ini mempunyai batang yang tidak bercabang, tulang daunnya menyirip akan tetapi ada juga yang berbentuk kipas. Bunganya berbentuk karangan atau tongkol terletak pada ketiak daun atau ujung batang. Contohnya palem, pinang merah, sagu, salak dan kelapa.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Tumbuhan Monokotil Beserta Ciri dan Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka