Contoh dan Cara Membuat Proposal PTK

Contoh dan Cara Membuat Proposal PTK

Contoh dan Cara Membuat Proposal PTK – Proposal ialah suatu perencanaan yang sistematis untuk melaksanakan penelitian termasuk PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Dalam proposal terdapat komponen dan langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan PTK. Selain dari itu, proposal juga mepunyai keguanaan sebagai usulan untuk pengajuan dana pada instansi atau sumbar yang dapat mendanai penelitian.

Proposal sendiri terbagi dalam dua bagian, yakni identitas proposal dan perencanaan peelitian yang berisi tentang desain penelitian serta langkah-langkah pelaksanaan. Pembahasan proposal akan di bagi dalam tiga langkah yakni tentang format proposal, cara membuat proposal dan cara menilai proposal.

Contoh dan Cara Membuat Proposal PTK

A. Format Proposal

Umunya format proposal penelitian, baik itu penelitian formal atau PTK sudah baku. Salah satu format proposal yang ada saat ini ialah yang di kembangkan oelh Tim Pelatih Proyek PGSM sebagai berikut:

Halaman Judul

Berisi tentang judl dari PTK, nama peneliti dan nama lembaga, serta tahun proposal di buat.

Halaman Pengesahan

Pada halaman ini berisi tentang identitas penelitian dan penelitian akan dilakukan, ditanda tangani oleh ketua peneliti dan ketua atau kepala lembaga yang mengesahkan. Pada perguruan tinggi yang mengesahkan proposal penelitian ialah Ketua Lembaga Penelitian dan Dekan.

Kerang Proposal

1. Judul dari penelitian
2. Bidang ilmu
3. Kategori penelitian
4. Data peneliti yang terdiri dari:

– Nama lengkap seta gelar
– Golongan atau pangkat atau NIP
– Jabatan fungsional
– Jurusan
– Institusi

5. Susunan peneliti yang terdiri dari:

– Jumlah
– Anggota

6. Lokasi penelitian
7. Biaya penelitian
8. Sumber dana

B. Perencanaan PTK

Berdasar dari format proposal tersebut, tugas peneliti selanjutnya ialah mengembangkan rancangan atau desain PTK. Rancangan tersebut ialah:

BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Proposal Penelitian

– Judul

Judul penelitian PTK dinyatakan dengan jelas dan mencerminkan tujuan, yakni mengandung maksud, kegiatan atau tindakan serta penyelesaian masalah.

– Latar Belakang

Berisi etnatng pentingnya penelitian dilakukan, kenapa nada tertarik dengan masalah yang anda teliti? apakah masalah tersebut ialah masalah real yang anda hadapi sehari-hari ? apakah terdapat manfaat jika di teliti dengan PTK? Ini perlu kajian literatur atau hasil-hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan baik oleh anda sendiri ataupun orang lain.

– Permasalahan

Masalah dalam penelitian PTK harus diangkatd ari pengalaman sahri-hari. Anda harus mengkaji masalah tersebut, melakukan analis dan bila perlu menanyakan pada para siswa tentang masalah tersebut. Setelah yakin denagn masalah tersebut, silahkan anda rumuskan dalam bentuk kalimat yang jelas. Umumnya rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat tany6a.

– Cara Penyelesaian Masalah

Penyelesaian masalah dulakukan setelah anda melakuakn analisis seta pengkajian terhadap masalah yang akan diteliti, sehingga akan ditemukan cara pemecahannya. untuk mendaoatkan cara pemecahan masalah, anda dapat melakukan dengan mengacu pada pengalaman anda selama ini atau pengalama teman anda, mencari dalam buku dan hasil penelitian atau degan melakukan konsultasi dab berdiskusi dengan teman sejawat atau para ahli. Cara penyelesaian masalah harus benar-benar applicable atau benar-benar dapat dan mungkin anda laksanakan dalam proses pembelajaran.

– Tujuan dan Manfaat

Berdasar dai masalah dan penyelesaian, anda akan dapat merumusakan tujuan dari PTK. Rumuskan tu8juan dengan jelas dan terarah, sesuai dengan latar belakang masalah dan mengacu pada masalah dan cara penyelesaian. Sebutkan juga manfaat dari PTK ini, yakni nilai tambah atau dampak langsung atau mengiring pada kemampuan siswa.

– Kerangka Teoritis dan Hipotesis

BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Proposal Pembangunan Masjid

Pengetahuan teoritis anda sangat berengaruh dan berkaitan dengan masalah penelitian yang akan diteliti. Ini dapat dilakukan dengan mempelajari buku-buku seta hasil penelitian yang berhubungan dengan masalah tersebut. Kajian ini sangat berguna untuk meperkaya anda dengan variable yang berkaitan dengan masalah tersebut. Selain itu, anda dapat mendapatkan masukan yang dapat membantu anda dalam melaksanakan penelitian PTK terutama dalam merumusakn hipotesis.

– Rencana Penelitian

Dalam halaman ini mencakup penataan penelitian, faktor yang diselidiki, rencana kegiatan, data serta cara penggumpulan data dan teknik analisis data penelitian.

– Jadwal Penelitian

Pada halaman ini berisi tentang bentuk aktivitas yang terkait dengan penelitian dan rancangan waktu kapan dilaksanakan dan dalam waktu berapa lama. Dalam mebuat jadwal anda harus menginventaris jenis kegiatan yang akan dilakukan dimulai dari awal perencanaa, penyusunan proposal sampai selesainya penulisan laporan. Jadwal PTK biasanya disusun dalam bentuk bar chart.

– Rencana Anggaran

Silahkan anda cantumkan anggaran yang akan digunakan dalam PTK, terutama bila PTK ini dibiayai oleh sumber dana tertentu. Rencana anggaran meliputi kegiatan seperti: persiapan, pelaksanaan seta penyusunan laporan. Di tiap-tiap tahap diuraikan jenis-jenis pengeluaran yang dilakukan dan berapa banyak alokasi dana yang disediakan untuk tiap kegiatan.

Contoh Proposal PTK

Silahkan Klik Link untuk Mendownload Contoh Proposal PTK

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Proposal PTK, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Proposal Bisnis Plan

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka