10 Tananaman Terlangka di Indonesia

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - Bayur

10 Tananaman Terlangka di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil alam dan budaya yang sangat indah. Berbagai macam tumbuhan hidup di bumi Pertiwi ini, sebagian dari tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan langka yang harus kita jaga kelestariannya. Berikut tumbuhan langka yang terdapat di Indonesia:

1. Bayur

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - Bayur

Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan bangunan dan furnitur dan dapat tumbuh hingga 59 mater. Diameter pohon ini lebih kurang 54cm dan pohon ini bisa ditemukan juga di daerah batu gamping, daerah yang berada pada ketinggian 600m diatas permukaan laut atau pegunungan.

Tanaman ini tersebar diantaranya didaerah Serawak, Kalimantan Timur, Sabah dan India.

2. Batu Sulam

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - Batu sulam

Ini merupakan jenis pohon yang tingginya bisa mencapai 45m dengan diameter sekitar 45cm. Pohon ini banayk ditemukan di kawasan dnegan ketinggian 1000 mdpl atau kawasan rawa gambut.

Tanaman ini tersebar diantaranya didaerah Sumatera, Kalimantan Timur dan Malaysia.

3. Raflesia Arnoldi

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - Raflesia

Tanaman ini terkenal dengan baunya yang busuk sehingga diberinama bunga bangkai. Ciri khas dari tanaman ini ialah baunya, bau ini berfungsi sebagai penarik lalat sehingga akan mendekat dan dapat membantu proses penyerbukan.

Bunga ini tergolong tumbuhan parasit yang membutuhkan inang untuk hidup dan berkembang. Jumlah bunga ini sudah menurun tajam karena ulah manusia yang selalu membuka lahan hutam sebagai daerah pemukiman, pertanian atau perkebunan tanpa memikirkan keberlangsungan tanaman langka seperti bunga bangkai ini.

4. Damar

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - damar

Tanaman yang satu ini mempunyia nilai ekonomi yang tinggi, tanaman ini mempunyai tinggi 60m dan diameter hingga 2m. Pohon ini tersebar di daerah Papua dan Nusa Tenggara yang mempunyai banyak jenis. Jenis pohon ini tergantung daerahnya dan mempunyai karakteristik yang berbeda pada tiap daerah.

BACA JUGA :   Pengertian, Proses Pembentukan, Letak Cairan, Aliran Cairan dan Fungsi Cairan Serebrospinal ( CSS )

5. Edelweis

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - edelweis

Edelweis atau senduro atau lebih dikenal dengan bunga abadi ini memang tidak mudah layu walau setelah kita petik. Bunganya berwarna putih kuning atau putih coklat. Edelweis dapat tumbuh hingga 8m dengan batang dapat mencapai ukuran kaki manusia.

Edelweis dapat ditemukan di pegunungan, Lombok, Jawa, Sulawesi Selatan dam Sumatera Selatan.

6. Kantong Semar

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - Kantong semar

Tanaman ini merupakan tanaman karnivora. Kantong pemangsa akan tertutup saat mangsa sudah masuk dalam jebakan dan akan menyerap nutrisi mangsa tersebut. Tujuannya menutup kantong ialah untuk menghindari hewan lain memakan mangsa atau serangga yangs udah ia tangkap dan akan membuat proses pencernaannya berjalan dengan baik. Banyak juga yang percaya bahwa kantong semar mempunyai manfaat kesehatan yang bisa menjaga tubuh supaya tetap bugar dan untuk diabetes.

7. Tengkawang

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - tengkawang

Ini ialah jenis pohon yang buahnya menghasilkan minyak nabati, pohon ini mempunyai belasan jenis dan 13 spesies tanaman tengkawang termasuk dalam tanaman yang dilindungi. Pohon ini berasal dari genus shorea dan menjadi maskot dari daerah Kalimantan Barat.

8. Bunga Bangkai Raksasa

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - Bungan bangkai raksasa

Bunga ini mirip dengan raflesia arnoldi, bunga ini juga mempunyai bau yang busuk yang mengundang lalat untuk datang dan membantunya dalam penyerbukan.

9. Cendana

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - Cendana

Pohon ini merupakan pohon yang menghasilkan minyak wangi dan kayu yang bagus. kayu dari pohon ini bermanfaat sebagai aromaterapi, sebagai bahan pembuatdupa, campuran parfum dan rempah. Tanaman ini berasal dari tanaman parasit karena tanaman ini tidak dapat tumbuh sendiri disebabkanoelh akarnya yang tidak mampu untuk menopang tubuhnya. Kayunya sudah susah untuk kita temui karenanya harga kayu ini sangat tinggi. Minyak dari tanaman ini akan memberikan efek relaksasi sehingga bisa mengurangi kecemasan.

BACA JUGA :   13 Macam Tumbuhan Pemakan Serangga Yang Ada di Dunia

10. Jelutung

10 Tananaman Terlangka di Indonesia - jelutung

Pohon ini dapat ditemui di daerah Kalimantan, Sumatera, Malaysia, Thailand Selatan. Tinggi pohon ini bisa mencapai 60m dan diameter pohon mencapai 2m. Habitat pohon ini dihutan dengan karakteristik tanah berpasir dan bukit yang tingginya kira-kira 400m. Kayu pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat perabot rumah tangga dan getahnya dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat permen karet.

Pohon lainnyayang termasuk langka ialah:

11. Sarang Semut
12. Purwaceng
13. Daun Sang
14. Anggrek Tebu
15. Akar Karak
16. Kokoleceran
17. Korma Rawa
18. Anggrek Hitam
19. Anggrek Larat
20. Bertan
21. Palem Merah
22. Anggrek Hartinah
23. Tembesu
24. Balam Suntai
25. Mimba
26. Kecapi
27. Ulin
28. Gaharu
29. Anggrek Pensil
30. Meranti
31. Pakis Ekor Monyet
32. Enau

Itulah sekilas penjelasan tentang 10 Tananaman Terlangka di Indonesia, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka