Sifat Larutan Asam, Basa Dan Garam

Sifat Larutan Asam, Basa Dan Garam

Sifat Larutan Asam, Basa Dan Garam – Dalam kehidupan kita sering kali kita menemui bahkan berurusan dengan asam dan basa, seperti pada obat pengurang rasa sakit atau aspirin dan obat maag cair meski banyak dari kita yang tidak mengetahui nama kimianya yakni asam asetilsalisilat at5au aspirin dan magnesium hidroksida atau obat maag cair. Selain itu sebagian bahan dasar dari prosuk rumah tangga yang kita gunakan dan obat-obatan juga mengandung asam dan basa. Kimia asam dan basa memiliki peran penting dalam proses industri dan sangat diperlukan untuk mempertahankan sistem biologis.

Sifat Asam dan Basa

Asam ialah zat yang mengion dalam didalam dan menghasilkan ion H+. Basa berperan sebagai zat yang meng-ion dalam air dan menghasilkan ion HO-. Pengertian ini dirumuskan pada kahir abad ke-19 oleh seorang kimiawan asal Swedia yakni Svante Arrhenius untuk mengelompokkan zat-zat yang sifatnya di dalam larutan sudah diketahui dengan baik.

Asam

1. Mempunyai rasa masam; seperti cuka yang mempunyia rasa yang berasal dari asam asetat dan lemon dan buah-buah sitrun lain yang mengandung asam sitrat.
2. Asam menjadi penyebab perubahan zat warna pada tumbuhan.
3. Asam akan bereaksi dengan logam tertentu seperti pada seng, magnesium dan besi, akan menghasilkan hidrogen.
4. Larutan asam yang ada di dalam air akan menghantarkan arus listrik.

Dari asalnya. asam dikelompokan menjadi dua golongan yakni asam organik dan anorganik. Asam organik biasanya bersifat lemah, korosif dan berasal dari alam. Asam anorganik biasanya asam kuat dan korosif. Karenanya maka asam anorganik banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia.

BACA JUGA :   Pengertian Asam Laktat dan Rumus Kimia Asam Laktat

Basa

1. Mempunyia rasa yang pahit
2. Terasa licin, seperti pada sabun
3. Dapat menyebabkan perubahan warna pasda tumbuhan.
4. Jika berada dalam air maka dapat menghantarkam istrik.

Garam

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita mengetahui bahkan sering mengkonsumsi garam. Kita biasa menggunakan garam sebagai bumbu dalam masakan atau untu kebutuhan lainnya. Garam dapur ialah salah satu contoh dari garam menurut ilmu kimia kehidupan.

Sifat Garam

1. Garam bisa menghantarkan listrik bila garam dalam bentuk cair atau berupa lelehan.
2. Sifat dari larutan garam bisa berupa asam, basa ataupun netral tergantung dari jenis adam dan basa yang membentuknya.

Pembentukkan Garam:

1. Asam kuat dan Basa kuat akan membentuk garam yang sifatnya netral.
2. Asam kuat dan basa lemah akan membentuk garam yang sifatnya asam.
3. Asam lemah dan basa kuat akan membentuk garam yang sifatnya basa.

Indikator

Indikator dari asam dan basa ialah suatu penanda yang digunakan untuk membedakan atau untuk mengetahui sifat asam, basa atau netral. Indikator ini bisa berbentuk alat atau bahan yang bisa menunjukan sifat asam. basa atau netral pada suatu bahan yang diteliti.

Macam-macam Indikator

1. Indikator alami

Indikator ini bisa kita buat dari bagian tumbuhan yang berwarna, seperti bagian bunga, daun, biji, buah atau akar. Sperti kunyit, kulit manggis, bunga sepatu yang berwarna meah dan lian sebagainya.

Contohnya bunga sepatu yang berwarna merah ditumbuk dalam lumpang atau wadah kemudian ditambahkan sedikit air. Selanjutnya silahkan ambil akstrak bunga sepatu dengan cara menyaringnya. Untuk mengujinya, teteskan ekstrak bunga tersebut dalam senyawa yang sifatnya asam, basa atau netral. Seperti larutan cuka, air kapur atau air suling.

BACA JUGA :   Pengertian Kimia Analisis dan Fungsi Kimia Analisis

Hasil dari perubahan warna yang terjadi jika indikator asam dan basa dari bunga sepatu saat dlam larutan asam maka akan berwarna merah, jika dalam larutan basa maka akan berwarna hijau dan jika dalam larutan netral maka tidak memiliki warna.

2. Indikator buatan

– Kertas Lakmus
– Larutan
– Ph meter atau Ph digital
– Kertas indikator universal.

Itulah sekilas penjelasan tentang Sifat Larutan Asam, Basa Dan Garam, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka