Sejarah, Tugas, Fungsi, Peranan Dan Prinsip SATPAM

Masterpendidikan.com. SATPAM, kata ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Di daerah tempat tinggal kita pun pasti ada yang namanya SATPAM. Namun, apakah pernah terpikir kita oleh tentang Sejarah, Tugas, Fungsi, Peranan Dan Prinsip SATPAM ?

SEJARAH SATPAM

Satpam merupakan kependekan dari satuan keamanan. Pada Tanggal 30 Desember 1980 melalui Surat Keputusan Kapolri yang pada saat itu dijabat Jenderal Polisi Awaloedin Djamin dan mengeluarkan SKEP/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan.

Baca juga : Mainkan Domino higgs dan dapatkan pulsa

Pada tanggal 30 Desember 1993 Kepolisian Negara RI mengukuhkan Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin sebagai Bapak Satpam karena jasa beliau sebagai pelopor dan tonggak berdirinya satpam di Indonesia.

TUGAS SATPAM

Sesuai definisinya Tugas Pokok satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

Menyelenggarkan keamanan yang dimaskud adalah :

  • Mengurus dan mengusahan sesuatu seperti memelihara dan merawat.
  • Menunaikan atau menyampaikan (maksud, tugas kewajiban).
  • Melakukan atau melaksanakan (perintah, peraturan, rencana).
  • Mengurus dan memperhatikan (kepentingan, usaha, perkara).
  • Mengadakan, mengatur, dan mengurus (pesta, pertunjukan, pameran, dsb).

Pengamanan Fisik

Pengamanan Fisik adalah segala usaha untuk mencegah mengatasi dan timbulnya ancaman atau ketertiban lingkungan suatu instansi secara fisik melalui kegiatan pengaturan, penjagaan dan perondaan serta kegiatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing instansi / proyek / badan usaha yang bersangkutan.

FUNGSI SATPAM

Fungsi seorang satpam tidak jauh berbeda dengan tugasnya, Fungsi Satpam adalah melindungi dan mengayomi lingkungan atau tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya.

BACA JUGA :   Pengertian Ikhtiar Dalam Islam Dan Bentuk Bentuk Ikhtiar

PERANAN SATPAM

Peranan seorang satpam adalah sebagai unsur pembantu dalam pembinaan keamanan, ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap keamanan di lingkungan atau tempat kerjanya.

PRINSIP SATPAM

  • Kami Anggota Satuan Pengamanan, memegang teguh disiplin, patuh dan taat pada Pimpinan , jujur dan bertanggung jawab.
  • Kami Anggota Satuan Pengamanan, senantiasa menjaga kehormatan diri, dan menjunjung tinggi kehormatan satuan pengamanan.
  • Kami Anggota Satuan Pengamanan, senantiasa waspada melaksanakan tugas, sebagai pengaman dan penertib di lingkungan kerja.
  • Kami Anggota Satuan Pengamanan, senantiasa bersikap Open, tidak menganggap remeh sesuatu yang terjadi di lingkungan kerja.
  • Kami anggota Satuan Pengamanan, adalah petugas yang tangguh, dan senantiasa bersikap etis dalam menegakkan peraturan.

Demikian sedikit artikel mengenali Sejarah, Tugas, Fungsi, Peranan Dan Prinsip SATPAM, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: ubay