Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Masterpendidikan.com – Selain curriculum vitae (CV) dan portfolio, tentu saja ada beberapa lampiran wajib yang perlu Anda lampirkan ketika ingin melamar pekerjaan. Salah satu yang terpenting yakni surat lamaran kerja/cover letter, ini berlaku dalam proses melamar kerja baik yang didapat baik melalui surat kabar, website, social media maupun informasi dari kenalan. Artikel ini akan memberikan tutorial Cara Menulis Surat Lamaran Kerja.

Sering kali terjadi, terutama saat melamar kerja secara online, banyak orang tidak melampirkan surat lamaran kerja. Padahal surat lamaran tersebut merupakan salah satu bahan pertimbangan bagi HR rekrutmen untuk mengundang wawancara.

Ada yang sama sekali tidak membuat surat lamaran kerja Untuk itu, ada juga yang hanya 1 baris kalimat. Tentunya hal ini memberikan imej buruk. Sebaiknya Anda membuat cover letter dengan serius dan tidak hanya seadanya atau bahkan asal-asalan.

Langkah-langkah Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
  2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.
  3. Salam hormat.
  4. Kata pengantar atau pembukaan
    Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib Anda cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda.

    Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.

  5. Biodata pribadi
    Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, jenjang pendidikan (tidak wajib). Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
  6. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda.
    Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate), tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
  7. Penutup.
    Dalam penutup ini tulislah untuk pembaca Anda bahwa Anda mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.
  8. Lampiran surat lamaran kerja.
    Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah :

    • Pas foto (foto terbaru)
    • Fotokopi KTP
    • Daftar riwayat hidup
    • Fotokopi ijazah terakhir
    • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)
  9. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda).

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Akhir Kata

Semoga tutorial dan contoh surat lamaran kerja ini dapat membantu anda.

BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

You May Also Like

About the Author: admin