Tips Nabung Dengan Gaji 5 Juta

Tips Nabung Dengan Gaji 5 Juta

Masterpendidikan.com – Untuk menyiasati keuangan agar tetap aman dalam jangka waktu yang lama kita perlu untuk menabung. Sayangnya, masih banyak yang mengaku belum berhasil untuk menabung khususnya yang memiliki banyak kebutuhan tapi gaji standar. Sebenarnya ini dikarenakan kurangnya rasa yakin untuk menyisihkan uang untuk menabung, begitu juga dengan mereka yang bergaji Rp. 5 juta.

Sebenarnya ada banyak cara dan tips dalam menabung dengan gaji 5 juta, namun semua kembali lagi dengan komitmen masing-masing. Nah postingan kali ini pun akan membagikan beberapa tips nabung dengan gaji 5 juta, untuk kamu yang merasa perlu menabung tapi masih kurang disiplin maka silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Beberapa Tips Nabung Dengan Gaji 5 Juta

Menabung memiliki banyak manfaat, khususnya untuk masa depan. Tidak hanya untuk mempermudah kedepannya, tapi juga bisa untuk melindungi kita dari berbagai situasi darurat yang tentunya bisa terjadi kapan saja, mulai dari memperbaiki rumah karena banjir hingga adanya urusan mendadak sehingga harus pergi ke luar kota atau negeri. Tanpa adanya tabungan tentu akan sangat sulit dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Sebenarnya, menabung pun tidaklah sesulit yang dibayangkan tapi memang sulit untuk membangun komitmen agar bisa disiplin diri. Menabung pun sebaiknya tidak menyisihkan dana dari pendapatan, tapi membuat anggaran sendiri sejak awal bulan. Dan dengan menabung secara rutin, pastinya bisa memiliki cadangan dana untuk digunakan dalam situasi darurat. Berikut ini ada beberapa tips nabung dengan gaji 5 juta yang bisa untuk kamu terapkan.

BACA JUGA :   6 Cara Sterilisasi Botol Susu yang Tepat

1. Membuat Anggaran di Awal Bulan

Biasanya orang akan langsung membayarkan tagihan di awal bulan dan akhirnya menyisakan dana yang mau tak mau harus mencukupi berbagai kebutuhan selama 30 hari kedepan. Seringnya cara ini tidak mampu mencukupi kebutuhan dan akhirnya terpaksa untuk berhutang kembali. Jadi, biasakan untuk membuat anggaran pengeluaran tiap bulan terlebih dahulu. Tetapkan besaran tetap yang akan ditabung sebelum membayar tagihan bulanan, meski tidak terlalu besar tapi ini sangat penting untuk dilakukan setiap bulannya secara rutin. Dengan begitu kamu bisa mengatur pengeluaran rutin bulanan dan lainnya seperti tagihan rumah, kartu kredit dan juga pengeluaran belanja bulanan.

2. Menabung di Awal Bulan

Ini sehubungan dengan tips yang pertama, yang mana kita perlu menetap besaran yang akan ditabung setiap bulannya sebelum membayar tagihan bulanan. Sebab, seberapapun besar gaji kita tetap akan sulit untuk menabung dari sisa pengeluaran pada akhir bulan. Sebaliknya, kita akan tetap bisa menabung dengan menyisihkan pada awal menerima gaji. Bahkan secara psikologis pun manusia akan cenderung menggunakan uang yang dimilikinya untuk berbagai hal mulai dari yang dibutuhkan hingga yang diinginkan. Artinya, meski sebenarnya kebutuhan sudah terpenuhi, tetap ada keinginan yang juga menuntut untuk dipenuhi sehingga sulit menyisihkan uang untuk ditabung.

3. Sisihkan Anggaran Untuk Kebutuhan Darurat

Jika kamu sudah melonggarkan dana untuk tabungan di awal bulan namun ternyata ada kebutuhan mendadak di pertengahan bulan dan akhirnya kamu pun harus mengeluarkan uang lebih, maka uang yang ditabung akan dialihkan untuk kebutuhan mendadak tersebut. Sehingga penting juga untuk membuat anggaran kebutuhan mendadak diluar dari biaya rumah tangga dan kebutuhan rutin agar tidak mengganggu dana tabungan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Berdasarkan riset, kita perlu memiliki tabungan dana darurat dengan nominal 3 hingga 6 kali dari kebutuhan bulanan normal.

BACA JUGA :   Promosi Efektif dengan Layanan SMS LBA

4. Buat Tabungan Terpisah

Kamu juga perlu membuat tabungan terpisah sebagai alternatif jika tabungan yang ada terpakai untuk kebutuhan pada pertengahan atau akhir bulan. Meski banyak yang menganggap cara ini terlalu ribet padahal ini sangatlah efektif.

Selain beberapa tips tersebut kita juga bisa menabung dengan cara investasi jangka panjang pada produk perbankan khusus agar mudah dalam mengelola dan mengembangkan tabungan kita, misalnya HSBC Advance yang merupakan solusi keuangan komprehensif untuk kita. Bahkan dengan HSBC Advance kita bisa mendapatkan produk tabungan dan deposito dalam 12 mata uang.

Penutup

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai tips nabung dengan gaji 5 juga. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi