Mengatasi Memori Internal Handphone Penuh

Mengatasi Memori Internal Android Penuh

masterpendidikan.com – Mengatasi Memori Internal Handphone Penuh padahal sebenernya masih kosong.

Hal ini sering kali terjadi pada Handphone anda, ada notifikasi bahwa memori internal anda penuh, padahal sebenarnya memori internal anda masih banyak yang kosong.

Kurang tepat sebenarnya kalau dikatakan masih kosong. Jika memori internal terpakai, maka 100% di dalamnya pasti ada data tersimpan.

Lantas kenapa bisa penuh, padahal di dalamnya tidak terlihat ada file?

Jawabannya ada di jenis file. Ada beberapa file yang kapasitasnya besar, namun letaknya tersembunyi alias di luar folder yang biasa kita cari. Dua di antaranya:

  • File cache.
  • File Kamera.

Dua file tersebut punya kapasitas penggunaan memori yang sangat banyak. Size-nya memang variatif, tapi bisa mencapai ratusan MB, bahkan beberapa GB.

Mengatasi Memori Internal Handphone Penuh

Sebenarnya, masalah ini termasuk mudah untuk diatasi, karena pengguna hanya perlu melakukan optimasi saja, yakni dengan menghapus beberapa file yang sudah tidak digunakan. Sebelum menghapus data, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Berikut beberap hal yang bisa anda lakukan jika ini memori internet anda penuh:

  1. Hapus Cache Aplikasi
  2. Gunakan Aplikasi Cleaner
  3. Pindahkan aplikasi ke memori external
  4. Hapus file aplikasi yang sudah unistall dan data yang tidak perlu
  5. Hapus Terlebih Dahulu Data Kamera Tersimpan
  6. Settings Penyimpanan Kamera ke SD Card
  7. Cek Data WhatsApp (Jika ternyata banyak hapus saja yang tidak penting melalui file manager)
  8. Reset HP.

Jika cara di atas sudah anda lakukan dan masih penuh juga, solusi terakhir adalah Reset Ulang Pabrik. Perlu anda ketahui sebelum mereset ulang anda harus memback-up terlebih dahulu data-data penting pada smartphone anda agar nanti nya tidak hilang saat reset ulang.

BACA JUGA :   Beberapa Teknologi Keren Sejauh Ini di 2020

Cukup lakukan salah satu cara yang disebutkan di atas, maka Handphone anda kembali normal. Setiap Handphone memiliki perbedaan kapasitas memori kosong dan jumlah file yang berbeda, untuk itulah memori ponsel pengguna perlu cek secara rutin.

You May Also Like

About the Author: admin